METODE PEMBELAJARAN DENGAN TANYA JAWAB

BAB I
PENDAHULUAN
A. LatarBelakang
Proses belajarmengajarmerupakaninteraksi yang dilakukanantara guru denganpesertadidikdalamsuatupengajaranuntukmewujudkantujuan yang ditetapkanberbagaipendekatan yang digunakandalampembelajaran agama islamharusdijabarkankedalammetodepembelajaran PAI yang bersifat procedural.
Namunpermasalansering kali dijumpaidalampengajaranterutamapengajaran. Agama islamadalahbagaimanacaramenyajikanmaterikepadapesertadidiksecarabaik, sehinggadipeolehhasil yang efektifdanefesiensertaseringditemukanmurangnyapemahamanpengajarterhadappenerapanmetode-metodepembelajaran yang sesuaidenganmateri.
Dalampembahasan kali inikitaakanmembahastentangmetode Tanya jawabdanapa-apa yang terkandungdidalamnyabesertapenerapannya yang manametodeinimerupakasalahsatumetode yang bisadiapakiuntukmewujudkantujuantersebut.
B. RumusanMasalah
1. Apapengertiandantujuanmetode Tanya jawabdalampembelajaran PAI?
2. Adakahtehnik yang digunakan guru dalammetode Tanya jawabdalampembelajaran PAI?
3. Apakeunggulandankekuranganmetode Tanya jawabdalampembelajaran PAI?
4. Bagaimanaanalisismetode Tanya jawabdalampembelajaran PAI?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Dan TujuanMetode Tanya Jawab
Metode Tanya jawabadalahpenyampaianpesanpengajarandengancaramengajukanpertanyaan-pertanyaandansiswamemberikanjawabanatausebaliknyasiswadiberikesempatanbertanyadan guru menjawabpertanyaan-pertanyaa[1].
Metode Tanya jawabadalahsuatumetodedalampendidikandanpengajarandimana guru bertanyadanmurid-muridmenjawabbahanmateri yang diperolehnya[2].
Metodeinimemungkinkanterjadinyakomunikasilangsungantara guru danpelajar, bisadalambentuk guru bertanyadanpelajarmenjawabataudengansebaliknya.
Metode Tanya jawabdilakukan :
1. Sebagaiulanganpelajran yang telahdiberikan.
2. Sebagaiselingandalampembicaraan.
3. Untukmerangsanganakdidik agar perhatiannyatercurahkepadamasalah yang sedangdibicarakan.
4. Untukmengarahkan proses berfikir.
Proses Tanya jawabterjadiapabilaadaketidaktahuanatauketidakfahamanpesertadidikakansuatuperistiwa, adapuntujuandarimetode Tanya jawabsebagaiberikut[3] :
1. Mengecekdanmengetahuisampaisejauhmanakemampuananakdidikterhadappelajaran yang dikuasai.
2. Membrikesempatankepadaanakdidikuntukmengajukanpertanyaankepada guru tentangsuatumasalah yang belumdifahami.
3. Memotivasidanmenimbulkankompetensibelajar.
4. Melatihanakdidikuntukberfikirdanberbicarasecarasitematisberdasarkanpemikiran yang orisinil.
B. TehnikDalamMetode Tanya Jawab
Dalamsetiapmetode yang adadalampembelajaranpastidiperlukantehnik agar pembelajaranbisaberjalansecarabaik, berikutiniberbagaitehnik yang digunakangfurudalammengajukanpertanyaan :
1. The Mixe Strategy yaknimengkombinasikanberbagaitipedanjenispertanyaan.
2. The Speaks Strategy yaknimenggunakanpertanyaan yang salingbertaliansatusama lain.
3. The Pleteaus Strategy yaknimengajukanpertanyaan yang samajenisnyaterhadapsejumlahsiswasebelumberalihkepadajenispertanyaan yang lain.
4. The Inductive Strategy yaknidenganberbagaipertanyaansiswadidoronguntukmenarikgeneralisasidarihal-halkhususkehal-hal yang umumatauberbagaifaktamenujuhukum-hukum.
5. The Deductive Strategy yakniGeneralisasi yang dijadikansebagaititiktolak, siswadiharapkandapatmenyatakanpendapatnyatentangberbagaikasusatau data yang ditanyakan.
Pertanyaan yang baikmemilikiciri-ciri
1. Pertanyaanhendaknyabersifatmengajakataumerangsangsiswauntukberfikir.
2. Kata-kata yang dipergunakanharusjelassehinggatidakada kata atauistilah yang tidakdifahamisiswa.
3. Pertanyaanituharusmengandungsatupenafsiran.
4. Kalimatpertanyaanhendaknyasingkat.
5. Setiappertanyaanhendaknyamengandungsatumasalah.
6. Pertanyaanharussesuaidengantarafkecerdasanataupengalamansiswa.
C. Keunggulan Dan KekuranganMetode Tanya Jawab
Suatumetode yang digunakanoleh guru dalammengajarsudahbarangtentumempunyaikeunggulandankekurangan, begitupundenganmetode Tanya jawab. Berikutkeunggulandankekuranganmetode Tanya jawab :
(a). Keunggulanmetode Tanya
1. Kelasakanhidupkarenaanakdidikaktifberfikirdanmenyampaikanpikiranmelaluiberbicara.
2. Beiksekaliuntukmelatihanakdidik agar beranimengemukakanpendapatnya.
3. Akan membawakelaskedalasuasanadiskusi.
(b). Kekuranganmetodediskusi
1. Apabilaterjadiperbedaanpendapatakanmemkanawaktuuntukmenyelesaikannya.
2. Kemungkinanakanterjadipenyimpanganperhatianpelajarterutamaapabilajawaban yang kebetulanmenarikperhatiantetapibukasasaranataumateri yang dituju.
3. Dapatmenghambatcaraberfikirapabila guru kurangpandaidalampenyajianmateri.
D. AnalisisMetode Tanya JawabDalamPelajaran PAI
Metode Tanya jawabdimaksudkanuntukmerangsang, untukberfikirdanmembimbingpersertadidikdalammencapaikebenaran, memberikanpengertiankepadaseseorangdanmemancingnyadenganumpanpertanyaan. Metodeiniseringkalidigunakanpadazamannabidengan para sahabat[4].
Metode Tanya jawabjugabisamembantukekurangan-kekurangan yang adapadametodeceramah yang disebabkankurangnyaperhatianpesertadidikpadametodeceramahdanbiasanyapsertadidikakanlebihhati-hatiterhadappelajaran yang menggunakanmetode Tanya jawabsebabpesertadidiktahusewaktu-waktu guru akanbertanya.
Metode Tanya jawabhanyadapatdipakaioleh guru secaraumumuntukmenetapkanperkiraanapakahanakdidik yang mendapatgiliranpertanyaansudahmemahamipelajaran yang diberikandanmetodeinitidakdapatdigunakansebagaiukuranuntukmenetapkankadarpengetahuananakdidikdalamsuatukelaskarenametodeinitidakmemberikesempatan yang samapadasetiapmuriduntukmenjawabpertanyaan[5].




BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari penjelasandiatasdapat kami simpulkansebagaiberikut :
1. Metode Tanya jawabadalahsuatumetodedalampendidikandanpengajarandimana guru bertanyadanmuridmenjawabbahanmateri yang diperolehnya. Adapuntujuanmetode Tanya jawabyakniuntukmengetahuiseberapajauhkefahamansiswaterhadapmateri, membrikesempatansiswabertanyaapa yang belumdifahami, memotivasisiswadanmelatihanakberfikirberbicarasecarasistematisberdasarkanpemikiran yang orisinil.
2. Adapuntehnik Tanya jawab :
(a). The Mixe Strategy
(b). The Speaks Strategy
(c). ThePleteaus Strategy
(d). The Inductive Strategy
(e). The Deductive Strategy
3. Keunggulanmetode Tanya jawab
(a). Kelasakanmenjadilebihhidup.
(b). Baikuntukmelatihanakdidikuntukberanimengemukakanpendapat.
(c). Akan membawakelaskesuasanadiskusi
4. Kekuranganmetode Tanya jawab
(a). Bilaterjadiperbedaanpendapatakanmenghabiskanbanyakwaktu.
(b). Kemungkinanakanterjadipenyimpanganperhatianpelajar.
(c). Dapatmenghambatcaraberfikir.
5. Metode Tanya jawabdigunakansebagaipelengkapmetodeceramahmetodeinidapatdipakaisebagaitolakukursecaraumumdantidakkeseluruhan.
B. Saran
Alhamdulillah kami daptmenyelesaikanmakalah kami, dan kami sadarbegitubanyakkekurangandankekhilafan kami, olehkarenaitukritikdan saran daritemen-temendanbapakdosenkhususnya kami harapkansemogamakalahinibermanfaat. Amiin…..




DAFTAR PUSTAKA
Usman, Basyiruddin. 2002. MotodologiPembelajaran Agama Islam. Jakarta Selatan :Ciputat Press.
Abu, AhmadidanPrasetyo. 2005. SGM StrategiBelajarMengajar. Bandung :PustakaSetia.
Majid, Abdul Majid. 2008. PerencanaanPembelajaranMengembangkanstandarKompetensi GuruBandung :RosdaKarya.
Dradjat, ZakiahDradjat, dkk. 2004. MetodeKhususPengajaran Agama Islam.Jakarta :BumiAksara.







Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.