TAKHRIJ HADITS


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur  hanyalah milik Alloh SWT. Kepada-Nya kita memuji dan bersyukur, memohon pertolongan dan ampunan. Kepada-Nya pula kita memohon perlindungan dari keburukandiri dan syaiton yang selalu menghembuskan kebatilan. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh Alloh SWT, maka tak seorang pun dapat menyesatkannya dan barangsiapa disesatkan oleh-Nya maka tak seorang pun dapat memberi petunjuk kepadanya. Sholawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, juga pada orang-orang yang senantiasa mengikuti sunnah-sunnahnya.
Dengan rahmat dan pertolongan-Nya alhamdulillah makalah yang berjudul TakhrijHadits ini dapat diselesaikan dengan baik. Banyak sekali kekurangan penulis dalam menyusun makalah ini baik menyangkut isi atau yang lainnya, mudah-mudahan semua itu dapat menjadikan cambuk bagi penulis agar lebih meningkatkan kualitas makalah ini di masa yang akan datang.


Bogor,  Oktober 2012



Penyusun





DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR.................................................................................  1
DAFTAR ISI..            .............................................................................................   2
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang.........................................................................     3
B.     Perumusan Masalah..................................................................    4
C.     Tujuan dan Kegunaan................................................................   4
BAB II PEMBAHASAN
A.    Definisi TakhrijHadits.............................................................     5
B.     Sejarah dan Pengenalan Kitab – Kitab Takhrij....................     6
C.     Metode Takhrij.........................................................................    10
D.    Tujuan dan Manfaat Takhrij.....................................................    15
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................   17
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................  18








I.PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Hadits merupakan sumber hukum dalam Islam setelah Al-Qur’an, hadits di sampaikan oleh Rosululloh SAW atas petunjuk Alloh SWT, Alloh SWT memerintahkan Rosul-Nya untuk memberikan penjelasan akan Al-Qur’an yang diturunkan padanya, Alloh SWT berfirman dalam surat An-Nahl ayat 44:
Ï!ÏM»uZÉit7ø9$$Î/̍ç/9$#ur3!$uZø9tRr&ury7øs9Î)tò2Ïe%!$#tûÎiüt7çFÏ9Ĩ$¨Z=Ï9$tBtAÌhçRöNÍköŽs9Î)öNßg¯=yès9uršcr㍩3xÿtGtƒÇÍÍÈ
“keterangan-keterangan (mukjizat) dan kitab-kitab. dan Kami turunkan kepadamu Al Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka[829] dan supaya mereka memikirkan”,
[829] Yakni: perintah-perintah, larangan-larangan, aturan dan lain-lain yang terdapat dalam Al Quran.
Dengan adanya perintah tersebut, Rosululloh SAW telah menjelaskan Al-Qur’an pada umatnya secara terperinci maupun secara global, hal itu di interpretasikan dengan perkataan, perbuatan dan taqrir atau persetujuan yang di tetapkan olehnya, yang mana itu disebut hadits sehingga sempurnalah Al-Qur’an.
Dalam rangka untuk mengetahui apakah suatu hadits yang kita terima merupakan hadits yang sahih, hasan ataupun daif, sehingga memudahkan kita        untuk mengamati hadits tersebut. Apakah hadits maqbul atau mardud, kegiatan takhrijhadits sangatlah penting. Serta akan menguatkan keyakinan kita untuk mengamalkan hadits tersebut. Dalam hal ini kita bersama-sama akan membahas tentang cara penyampaian hadits (takhrijhadits).


B.     Perumusan Masalah
1.         Apa pengertian dari TakhrijHadits ?
2.         Bagaimana sejarah perkembangan dan apa saja kitab-kitab yang memuat tentang TakhrijHadits ?
3.         Bagaimana metode dalam mentakhrijhadits ?
4.         Apa saja tujuan dan kegunaan dari takhrijhadits ?

C.     Tujuan dan kegunaan
1.         Dapat  mengetahui definisi takhrijhadits.
2.         Dapat mengetahui sejarah perkembangan dan kitab-kitab dalam mentakhrijhadits.
3.         Dapat mengetahui metode-metode dalam mentakhrijhadits.














II. PEMBAHASAN
A.    Definisi TakhrijHadits
Takhrij menurut bahasa memiliki beberapa makna. Yang paling mendekati disini adalah berasal dari kata kharaja (خرج) yang artinya nampak dari tempatnya atau keadaaannya, dan terpisah, dan kelihatan. Demikian juga kata al-ikhraj (الاخرج) yang artinya menampakkan dan memperlihatkannya. Dan kata al-makhraj (المخرج) yang artinya tempat keluar.[1]
Secara bahasa takhrijhadits adalah:
“Mengeluarkan sesuatu dari suatu tempat”[2]

Sedangkan menurut istilah Muhaditsin, takhrij diartikan dalam beberapa pengertian :
1. Sinonim dan ikhraj, yakni seorang rawi mengutarakan suatu hadits dengan menyebutkan sumber keluarnya (pemberita) hadits tersebut.
2. Mengeluarkan hadits-hadits dari kitab-kitab, kemudian sanad-sanadnya disebutkan.
3. Menukil hadits dari kitab-kitab sumber (diwan hadits) dengan menyebut mudawinnya serta dijelaskan martabat haditsnya
Dari ketiga definisi di atas, maka Mahmud al-Thahhan mendefinisikan  tentang ta’rif takhrij adalah :
التخريجهوالدلالةعلىموضعالحديثفىمصادرهالاصليةالتىاخرجتهبسندهثمبيانمرتبتهعندالحاجة
Takhrij ialah penunjukan terhadap tempat hadits dalam sumber aslinya yang dijelaskan sanadnya dan martabatnya sesuai dengan keperluan”.


Dari uraian diatas dapat disimpulkan, bahwa takhrij meliputi kegiatan :
a.       Periwayatan (penerimaan, perawatan, pentadwinan, dan penyampaian) hadits.
b.      Penukilan hadits dari kitab-kitab asal untuk dihimpun dalam suatu kitab tertentu.
c.       Mengutip hadits-hadits dari kitab-kitab fan (tafsir, tauhid, fiqh, tasawuf, dan akhlak) dengan menerangkan sanad-sanadnya.
d.      Membahas hadits-hadits sampai diketahui martabat kualitas (maqbul-mardudnya).
Utang Ranuwijaya menyimpulkan bahwa dalam pentakhrijan hadits ada dua hal yang mesti dilakukan:
1.      Berusaha menemukan para penulis hadits tersebut dengan rangkaian sanad-sanadnyadan menunjukannya pada karya-karya mereka, seperti kata-kata akhrojahu al-Baihaqi, akhrojahu at-Tabrani fi mu’jamihi atau akhrojahu Ahmad fi musnadihi.
2.      Memberikan kwalitas hadits apakah hadits itu sohih atau tidak. Peniliaian ini dilakukan andaikata diperlukan. Artinya, bahwa penilaian kwalitas suatu hadits dalam mentakhrijhadits tidak selalu harus dilakukan. Kegiatan ini hanya melengkapi kegiatan takhrij tersebut. Sebab, dengan  diketahhui dari mana hadits itu diperoleh sepintas dapat dilihat sejauh mana kwalitasnya.[3]

B.     Sejarah dan Pengenalan Kitab – Kitab Takhrij
1.      Sejarah Ilmu Takhrij
Ulama-ulama terdahulu belum begitu membutuhkan ilmu takhrijhadits ini, khususnya ulama yang berada pada awal abad kelima, karena Alloh memberi karunia kepada mereka suka menghafal dan banyak mengkaji kitab-kitab yang bersanad yang menghimpun hadits-hadits Nabi SAW. Keadaan ini terus berlanjut sampai beberapa abad, hingga tradisi kecintaan terhadap hafalan dan kajian kitab-kitab hadits serta sumber rujukan pokoknya menjadi lemah.[4] Ketika tradisi ini lemah, para ulama selanjutnya mulai menemui kesulitan untuk mengetahui sumber suatu hadits yang terdapat dalam Kitab Fiqih Tafsir dan Tarikh, maka muncullah segolongan ulama yang mulai melakukan Takhrijhadits terhadap karya-karya ilmu tersebut dan menjelaskan kedudukan hadits itu apakah statusnya shohih. Hasan atau doif. Waktu itulah muncul kutub at-takhrij (kitab-kitab takhrij).
Kitab-kitab Takhrij generasi pertama, seperti yang dikemukakan oleh Mahmud al-Thahhan adalah kitab-kitab buah pena al-Khatib al-Baghdadiy [w. 463 H]. Diantara kitab yang terkenal adalah:
a.       Takhrij al-Fawaid al-Muntakhobah al-Shihah wa al-Ghoroib karya Abi Al-Ghoroib,
b.      Takhrij al-Fawaid al-Muntakhobah al-Shihah wa al-Ghoroib karya Abi Qosim al-Mahrowani.
c.       Kitab Takhrijhadits al-Muhazzab oleh karya Muhammad bin Musa al-Hazimi.[5]

Kemudian pada masa selanjutnya, karya-karya dalam bidang ilmu takhrijhadits semakin meluas hingga mencapai puluhan. Sumbangan karya-karya tersebut tidak dapat dipungkiri sangat signifikan terhadap perkembangan ilmu-ilmu ke-Islaman lainnya.
Mahmud At-Tahhan menyebutkan bahwa tidak diragukan lagi cabang ilmu takhrij ini sangat penting sekali bagi setiap ilmuan yang bergelut dibidang ilmu syariah khususnya bagi yang bergelut dibidang ilmu hadits dengan ilmu ini seseorang bisa memeriksa hadis ke sumber asalnya.



2.      Pengenalan kitab-kitab takhrij
Berikut adalah kitab-kitab takhrij yang termasyhur.
1.         Nashb ar-Royah li Ahadits al-Hidayah karya Abdulloh bin Yusuf al-Zaila’i (w. 762 H).
Kitab ini mentakhrijhadits-hadits yang dijadikan oleh al-Allamah Ali bin Abi Bakar al-Marghinani al-Hanafi (w.593 H) dalam kitab al-Hidayah. Kitab ini merupakan kitab fikih Hanafi,sedangkan kitab takhrij ini merupakan yang paling luas dan yang paling dikenal dibanding kitab takhrij lainnya.
Al- Kattani berkata, “kitab ini adalah kitab takhrij yang sangat bemanfaat sekali dijadikan patokan oleh kalangan pensyarah kitab al-Hidayah, bahkan Ibnu Hajar banyak mengambil manfaat dari buku dalam disiplin ilmu hadits, nama-nama  perawi dan luasnya pandangan beliau tentang haditsmarfu’
2.         Takhrij Ahadits al-Mukhtashar al-Kabir karya Muhammad bin Ahmad Abd al-Hadi al-Maqdisy (w. 744 H).
3.         Takhrij Ahadits al-Kasysyaf li az- Zamakhsyari karya Abdullah bi Yusuf az-Zaila’i. Ia sudah dicetak.
4.         Irwa’ al Ghalil fi Takhtij Ahadits Manar as-Sabil, karya asy-Syaikh Nashiruddin al-Albani.
5.         At-Talkhish al-Habir, Takhrij Ahadits  al-Wajiz al-Kabir fi Li ar-Rifa”i, ditulis olehal-Hafidz Ibnu Hajar, sudah dicetak.
6.         Takhrij Ahadits al-Kasysyaf, karya al-Hafidz Ibnu Hajar.
7.         Al-Badr al-Munir fi al-Takhrij al-Ahaditz wa al-Atsar al-Waqi`ah fi al-Syarh al-Kabirli ar-Rafi’i [Abu al-Qasim Abd al-Karim Ibn Muhammad al-Qazwayniy al-Rafi`iy al-Syafi`iy – w.623 H], karya Umar Ibn Ali Ibn al-Mulqan (w. 804 H); telah ditahqiq di dalam risalah Majister di Universitas Islam Madinah.
8.         Al-Mughniy `an Haml al-Ashfar fi al-Ashfar fi Takhrij Ma fi al-Ihya’ min al-Akhbar [al-Ghazaliy], karya al-Hafizh Zayn al-Din Abd al-Rahim Ibn al-Husayn al-Iraqiy (w. 806 H);
9.         Al-Takhrij al-Ahadits al-latiy Yusyiru Ilayha al-Tirmidziy fi Kulli Bab, karya al-Iraqiy;
10.     Ad- Dirayah fi Takhrij Ahadits al-Hidayah, karya al-Hafidz Ibnu Hajar.
11.     Tuhfah ar-Rawi fi Takhrij Ahadits al-Baidhawi, karya al-Hafidz Abdurra’uf al-Munawi.
Diantara kitab-kitab takhrij yang disebutkan di atas yang sudah banyak dipergunakan oleh penuntut ilmu, yaitu:Nashb ar-Royah li Ahadits al-Hidayah dan At-Talkhish al-Habir, Takhrij Ahadits  al-Wajiz al-Kabir fi Li ar-Rifa”i.[6]

     Dalam melakukan takhrij, seseorang memerlukan kitab-kitab tertentu yang dapat dijadikan pegangan atau pedoman sehingga dapat melakukan kegiatan takhrij secara mudah dan mencapai sasaran yang dituju. Diantara kitab-kitab yang dapat dijadikan pedoman dalam mentakhrijadalah:
a)         Usul al – Takhrij wa Dirasat Al – Asanid oleh Muhammad Al-Tahhan,
b)        Husul al-Tafrij bi Usul al-Takhrij oleh Ahmad ibn Muhammad al-Siddiq al- Gharami,
c)         Turuq TakhrijHadits Rasul Allah Sawkarya Abu Muhammad al-Mahdi ibn `Abd al-Qadir ibn `Abd al Hadi,
d)        Metodologi Penelitian Hadits Nabi oleh Syuhudi Ismail.
e)         al-Mu’jam al-Mufharos li Alfazi Ahadis al-Nabawi oleh A.J. Wensinck
f)         Miftah Kunuz al-Sunnah oleh pengarang yang sama diterjemahkan oleh Muhammad Fuad Abd Baqi.
g)        Mausu’ah Athraful Hadis an-Nabawi oleh Zaglul.
h)        Al-Istiab oleh Ibnu Abd Barr
i) Usul al-Ghabah oleh Abd Atsir
j) Al-Ishobah oleh Ibn Hajar al-Asqolani.
k)        Al-Jarh wa at-Ta’di juga karya Ibnu Hajar.
C.    Metode Takhrij
Di dalam melakukan takhrij, ada lima metode yang dapat dijadikan sebagai pedoman, yaitu;

1.      Takhrij Berdasarkan Perawi Sahabat
            Metode ini adalah metode dengan cara mengetahui nama sahabat yang meriwayatkan hadits, adapun kitab-kitab pembantu dari metode ini adalah:
a.       Al-Masanid (musnad-musnad). Dalam kitab ini disebutkan hadits-hadits yang diriwayatkan oleh setiap sahabat secara tersendiri. Selama kita sudah mengetahui nama sahabat yang meriwayatkan hadits, maka kita mencari hadits tersebut dalam kitab ini   hingga mendapatkan petunjuk dalam satu musnad dari kumpulan musnad tersebut.[7] Musnad yang dapat digunakan adalah; musnad Ahmad ibn Hanbal , Musnad Dawud Al Tayalisi, Musnad Al Humaidi, Musnad Abu Hanifah, Musnad As Syafi’i, dsb. Cara penggunaannya adalah; misalnya sahabat yang meriwayatkan hadits itu bernama Ali, maka pencarian atau penelusuran dilakukan melalui huruf ‘ayn.
b.      Kitab-kitab Al-Atraf. Kebanyakan kitab al-atraf disusun berdasarkan musnad-musnad para sahabat dengan urutan nama mereka sesuai huruf kamus. Jika seorang peneliti mengetahui bagian dari hadits itu, maka dapat merujuk pada sumber-sumber yang ditunjukkan oleh kitab-kitab al-atraf tadi untuk kemudian mengambil hadits secara lengkap. Di antara kitab-kitabAtraf yang dapat dipergunakan adalah; Atraf As Shohihayn, karya Al Wasiti dan Al Dimashqi, Tuhfatul Al Ashrof bi Ma’rifat Al Atraf       karya Al Mizzi yang merupakan Syarah kitab Al Ashraf bi ma’rifat Al Atraf karya ibn ‘Asakir, Ithaf Al Mahram bi Atraf Al ‘Ashrah karya Ibn Hajar Al Asqalani, dsb. Cara penggunaan kitab ini seperti seperti cara menggunakan kitab musnad, artinya       disusun secara alfabetis Hija’iyah.
c.       Al- ma`ajim (mu`jam-mu`jam). Susunan hadits di dalamnya berdasarkan urutan      musnad para sahabat atau syuyukh (guru-guru) sesuai huruf kamus hijaiyah. Dengan mengetahui nama sahabat dapat memudahkan untuk merujuk haditsnya. Dan kitab        mu’jam yang dapat kita gunakan adalah; mu’jam Al Kabir, Mu’jam Al Awsat, dan Mu’jam Al Saghir yang kesemuanya adalah karya Al Tabrani. Juga kitab Mu’jam As Shahabah karya Al Mawasili, Mu’jam As Sahabh karya Al Hamdani, dsb. Dan cara           penggunaannya tidak jauh berbeda dengan kitab musnad dan kitab Atraf.
            Kelebihan metode ini adalah bahwa proses takhrij dapat diperpendek. Akan tetapi, kelemahan dari metode ini adalah ia tidak dapat digunakan dengan baik, apabila perawi yang hendak diteliti itu tidak diketahui.[8]

2.      Takhrij Melalui Lafadz Pertama Matan Hadits
Metode takhrijhadits menurut lafadz pertama, yaitu suatu metode yang berdasarkan pada lafadz pertama matan hadits, sesuai dengan urutan huruf-huruf hijaiyah dan alfabetis, sehingga metode ini mempermudah pencarian hadits yang dimaksud.[9]Misalnya, apabila akan men-takhrijhadits yang berbunyi;
الشَّدِيْدبِالصُرْعَةِ ُلَيْسَ
Untuk mengetahui lafadz lengkap dari penggalan matan tersebut, langkah yang harus dilakukan adalah menelusuri penggalan matan itu pada urutan awal matan yang memuat penggalan matan yang dimaksud. Dalam kamus yang disusun oleh Muhammad fuad Abdul Baqi, penggalan hadits tersebut terdapat di halaman 2014. Bearti, lafadz yang dicari berada pada halaman 2014 juz IV.  Setelah diperiksa, bunyi lengkap matan hadits yang dicari adalah;
عَنْاَبِيْهُرَيْرَةَأَنَّرَسُوْلَاللّهِصَلَّىاللّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَقَاَلَ: لَيْسَالشَّدِيْدُبِاالصُرْعَةِاِنَّمَاالشَدِيْدُالَّذِيْيَمْلِكُنَفْسَهُعِنْدَالغَيْبِ
            Artinya: Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda, “(Ukuran) orang yang kuat (perkasa) itu bukanlah dari kekuatan orang itu dalam berkelahi, tetapi yang disebut sebagai orang yang kuat adalh orang yang mampu menguasai dirinya tatkala dia marah”.
            Metode ini mempunyai kelebihan dalam hal memberikan kemungkinan yang besar bagi seorangmukharrij untuk menemukan hadits-hadits yang dicari dengan cepat. Akan tetapi, metode ini juga mempunyai kelemahan yaitu, apabila terdapat kelainan atau perbedaan lafadz pertamanya sedikit saja, maka akan sulit untuk menemukan hadits yang dimaksud.
            Kitab-kitab hadits yang disusun berdasarkan huruf kamus, misalnya: “Al-Jami’u Ash Shoghir min Ahadits Al-Basyir An Nadzir” karya As Suyuti.[10]

3.      Takhrij Melalui Kata-Kata dalam Matan Hadits
            Metode ini adalah metode yang berdasarkan pada kata-kata yang terdapat dalam matan hadits, baik berupa kata benda ataupun kata kerja. Dalam metode ini tidak digunakan huruf-huruf, tetapi yang dicantumkan adalah bagian haditsnya sehingga pencarian hadits-hadits yang dimaksud dapat diperoleh lebih cepat. Penggunaan metode ini akan lebih mudah manakala menitik beratkan pencarian hadits berdasarkan lafadz – lafadznya yang asing dan jarang penggunaanya.
            Kitab yang berdasarkan metode ini di antaranya adalah kitab Al – Mu`jam Al – Mufahras li Al-faz Al – Hadit  An – Nabawi. Kitab ini mengumpulkan hadits-hadits yang terdapat di dalam Sembilan kitab induk hadits sebagaimana yaitu; Sahih Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Turmizi, Sunan Abu Daud, Sunan Nasa’i, Sunan Ibn Majah, Sunan Darimi, Muwaththa’ malik, dan Musnad Imam Ahmad.[11]
     Contohnya pencarian hadits berikut;
اِنَّالنَّبِيَصَلَّىاللّهِعَلَيْهِوَسَلَّمَنَهَىعَنْطَعَامِالْمُتَبَارِيَيْنِأَنْيُؤْكَلَ
Dalam pencarian hadits di atas, pada dasrnya dapat ditelusuri melalui kata-kata naha (نَهَى) ta’am(طَعَام), yu’kal (يُؤْكَلْ) al-mutabariyaini (المُتَبَارِيَينِ). Akan tetapi dari sekian kata yang dapat dipergunakan, lebih dianjurkan untuk menggunakan kata al-mutabariyaini (المُتَبَارِيَيْنِ) karena kata tersebut jarang adanya. Menurut penelitian para ulama hadits, penggunaan kata tabara (تَبَارَى) di dalam kitab induk hadits (yang berjumlah Sembilan) hanya dua kali.
            Penggunaan metode ini dalam mentakhrij suatu hadits dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
             Langkah pertama, adalah menentukan kata kuncinya yaitu kata yang akan dipergunakan sebagai alatuntuk mencari hadits. Sebaiknya kata kunci yang dipilih adalah kata yang jarang dipakai, karena semakin  asing kata tersebut akan semakin mudah proses pencarian hadits. Setelah itu, kata tersebut dikembalikan kepada bentuk dasarnya. Dan berdasarkan bentuk dasar tersebutdicarilah kata-kata itu di dalam kitab Mu’jammenurut urutannya secara abjad (huruf hijaiyah).
             Langkah kedua, adalah mencari bentuk kata kunci tadi sebagaimana yang terdapat di dalam hadits yang akan kita temukan melalui Mu’jam ini. Di bawah kata kunci tersebut akan ditemukan hadits yang sedang dicari dalam bentuk potongan-potongan hadits (tidak lengkap). Mengiringi hadits tersebut turut dicantumkan kitab-kitab yang menjadi sumber hadits itu yang dituliskan dalm bentuk kode-kode sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.
            Metode ini memiliki beberapa kelebihan yaitu; Metode ini mempercepat pencarian hadits dan memungkinkan pencarian hadits melalui kata-kata apa saja yang terdapat dalam matan hadits. Selain itu, metode ini juga memiliki beberapa kelemahan yaitu; Terkadang suatu hadits tidak didapatkan dengan satu kata sehingga orang yang mencarinya harus menggunakan kata-kata lain.

4.      Takhrij Berdasarkan Tema Hadits
            Metode ini berdasrkan pada tema dari suatu hadits. Oleh karena itu untuk melakukan takhrijdengan metode ini, perlu terlebih dahulu disimpulkan tema dari suatu hadits yang akan di – takhrijdan kemudian baru mencarinya melalui tema itu pada kitab-kitab yang disusun menggunkan metode ini. Seringkali suatu hadits memiliki lebih dari satu tema. Dalam kasus yang demikian seorang men – takhrij harus mencarinya pada tema – tema yang mungkin dikandung oleh hadits tersebut. Contoh :
بُنِيَالاِسْلاَمُعَلَىخَمْسٍشَهَادَةِانْلاَاِلهَاِلاَّاللّهُوانَّمُحَمَّدّارَسُوْلُاللَّهِوَاِقَامِالصّلاَةِوَايْتَاءِالزَّكاَةِ وَصَوْمِرَمَضَانَوَحَجّالْبَيْتِمَنِاسْتَطَاعَاِلَيْهِسَبِيْلاّ
“Dibangun Islam atas lima pondasi yaitu : Kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad itu adalah Rasulullah, mendirikan shalat, membayarkan zakat, berpuasa bulan Ramadhan, dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu.”
            Hadits diatas mengandung beberapa tema yaitu iman, tauhid, shalat, zakat, puasa dan haji. Berdasarkan tema-tema tersebut maka hadits diatas harus dicari didalam kitab-kitab hadits dibawah tema-tema tersebut.
 Cara ini banyak dibantu dengan kitab “Miftah Kunuz As-Sunnah” yang berisi daftar isi hadits yang disusun berdasarkan judul-judul pembahasan.[12]
            Dari keterangan diatas jelaslah bahwa takhrij dengan metode ini sangat tergantung kepada pengenalan terhadap tema hadits. Untuk itu seorang mukharrij harus memiliki beberapa pengetahuan tentang kajian Islam secara umum dan kajian fiqih secara khusus.
            Metode ini memiliki kelebihan yaitu : Hanya menuntut pengetahuan akan kandungan hadits, tanpa memerlukan pengetahuan tentang lafadz pertamanya. Akan tetapi metode ini juga memiliki berbagai kelemahan, terutama apabila kandungan hadits sulit disimpulkan oleh seorang peneliti, sehingga dia tidak dapat menentukan temanya, maka metode ini tidak mungkin diterapkan.

D.    Tujuan danManfaat Takhrij
Tujuan takhrijhadits bertujuan mengetahui sumber asal hadits yang ditakhrij. Tujuan lainnya adalah mengetahui ditolak atau diterimanya hadits-hadits tersebut. Dengan cara ini, kita akan mengetahui hadits-hadits yang pengutipannya memperhatikan kaidah-kaidah ulumul hadits yang berlaku sehingga hadits tersebut menjadi jelas, baik asal-usul maupun kualitasnya.[13]
Dalam melakukan takhrij tentunya ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan pokok dari Takhrij yang ingin dicapai seorang peneliti adalah:
1.    Mengetahui eksitensi suatu hadits apakah benar suatu hadits yang ingin diteliti terdapat dalam buku-buku hadits atau tidak.
2.    Mengetahui sumber otentik suatu hadits dari buku hadits apa saja.
3.    Mengetahui ada berapa tempat hadits tersebut dengan sanad yang berbeda di dalam sebuah buku hadits atau dalam  beberapa buku induk hadits.
4.    Mengetahui kualitas hadits (maqbul/ diterima atau mardud/ tertolak).

            Faedah dan manfaat takhrij cukup banyak di antaranya yang dapat dipetik oleh yang melakukannya adalah sebagai berikut:
1.    Mengetahui referensi beberapa buku hadits, dengan takhrij seseorang dapat mengetahui siapa perawi suatu hadits yag di teliti dan di dalam kitab hadits apa saja hadits tersebut di dapatkan.
2.    Menghimpun sejumlah sanad hadits,dengan takhrij seseorang dapat menemukan    sebuah hadits yang akan diteliti di sebuah atau beberapa buku induk hadits, misalnya terkadang di beberapa tempat di dalam  kitab Al-bukhari saja,atau di dalam kitab- kitab lain.Dengan demikian ia akan menghimpun sejumlah sanad.
3.    Mengetahui keadaan sanad yang bersambung dan yang terputus dan mengetahui kadar kemampuan perawi dalam mengingat hadits serta kejujuran dalam periwayatan.
4.    Mengetahui status suatu hadits.Terkadang ditemukan sanad suatu hadits dha’if, tetapi melalui sanad lain hukumnya shahih.
5.    Meningkatkan suatu hadits yang dhoif menjadi hasan li ghayrihi  karena adanya dukungan sanad lain yang seimbang atau lebih tinggi kualitasnya.Atau meningkatkan hadits hasan menjadi shahih li ghayrihi  dengan di temukannya sanad lain  yang   seimbang atau lebih tinggi kualitasnya.
6.    Mengetahui bagaimana para imam hadits menilai suatu kualitas hadits dan bagaimana kritikan yang disampaikan.
7.    Seseorang yang melakukan takhrij dapat menghimpun beberapa sanad dan matan suatu hadits.















PENUTUP
A.    Kesimpulan
Bahwasanya ilmu takhrijhadits sangat perlu dipelajari, karena untuk mengetahui riwayat suatu hadits, baik sanad, matan, perowi dan yang berkaitan dengan hadits.
Ada perbedaan di kalangan ulama hadis dalam mendefenisikan Takhrij hadis, namun dapat disimpulkan bahwa takhrij hadis adalah menelusuri suatu hadis kesumber asalnya pada kitab-kitab Jami, sunan, dan musnad kemudian jika diperlukan menyebutkan kualitas hadis tersebut apakah sohih, Hasan atau doif.

Ada beberapa cara dalam mentakhrij hadis:
§  Takhrij menurut lafaz pertama matan hadis.
§  Takhrij menurut lafaz-lafaz yang terdapat dalam matan .
§  Takhrij menurut rawi pertama.
§  Takhrij menurut tema hadis.
Beberapa kitab yang diperlukan dalam mentakhrij hadis adalah:
§  Usul Takhrij oleh mahmud Attahhan.
§  Hushul al-Tafrij oleh Ahmad Ibn. Muhammad Al Gharami.
§  Turuq Takhrij oleh Abd Muhdi
§  al-Mu’jam al-Mufharos li Alfazi Ahadis al-Nabawi oleh A.J. Wensinck
§  Miftah Kunuz al-Sunnah oleh pengarang yang sama diterjemahkan oleh Muhammad Fuad Abd Baqi.
§  Mausu’ah Athraful Hadis an-Nabawi oleh Zaglul.
§  Al-Istiab oleh Ibnu Abd Barr
§  Usul al-Ghabah oleh Abd Atsir
§  Al-Ishobah oleh Ibn Hajar al-Asqolani.
§  Al-Jarh wa at-Ta’di juga karya Ibnu Hajar.


DAFTAR PUSTAKA
            Ash Shidqi, Teungku Muhammad Hashbi. 2009. Sejarah & Pengantar ILMU HADITS. Semarang :Pustaka Rizki Putra.
            Al Qaththan, Manna’. Pengantar Studi Ilmu Hadits. 2008. Jakarta: Pustaka Al kautsar.
az-Zahrani, Muhammad. Ensiklopedia Kitab-kitab Rujukan Hadits. 2011. Jakarta: Darul Haq. cet. Pertama.
Dadi. Skripsi “METODOLOGI TAKHRIJHADITS MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL ALBANI. 2004. Bogor: STAI AL HIDAYAH.
Suyadi, M. Agus Sholahudin dan Agus.Ulumul Hadits. 2011.  Bandung: CV. Pustaka Setia.. Cet. II.
  Ilmu TakhrijHadits, Cara MentakhrijHadits dan Ilmu Sanad, http://attanzil.wordpress.com/2008/08/05/ilmu-takhrij-hadits-cara-mentakhrij-hadits-dan-ilmu-sanad/, Terakhir diakses pada tanggal 4 Oktober 2012, jam 22.00 WIB



[1]Ilmu Takhrij Hadits, Cara Mentakhrij Hadist dan Ilmu Sanad,http://attanzil.wordpress.com/2008/08/05/ilmu-takhrij-hadits-cara-mentakhrij-hadist-dan-ilmu-sanad/, Terakhir diakses pada tanggal 4 Oktober 2012, jam 22.00 WIB
[2]Teungku Muhammad Hashbi Ash Shidqi. Sejarah & Pengantar ILMU HADITS. Semarang :Pustaka Rizki Putra, 2009. hlm. 148
[3]Dadi. Skripsi “METODOLOGI TAKHRIJ HADITS MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL ALBANI, Bogor: STAI AL HIDAYAH,2004
[4] Muhammad az-Zahrani, Ensiklopedia Kitab-kitab Rujukan Hadits, Jakarta: Darul Haq, 2011, cet. Pertama, hlm. 237.
[5]Ibid.Hlm. 238
[6]Ibid. hlm. 239
[7]Manna’ Al Qaththan. Pengantar Studi Ilmu Hadits. Jakarta: Pustaka Al kautsar. 2008. hlm 191
[8]Skripsi “METODOLOGI TAKHRIJ HADITS MUHAMMAD NASHIRUDDIN AL ALBANI”, Dadi, hlm. 32
[9] M. Agus Sholahudin dan Agus Suyadi.Ulumul Hadits. Bandung: CV. Pustaka Setia. 2011. Cet. II. Hlm. 196.
[10] Al Qaththan. op.cit. hlm 192
[11]M. Agus Sholahudin. op.cit. hlm. 198
[12]Al Qaththan. op.cit. hlm 193
[13] M. Agus Sholahudin. op.cit.hlm. 191

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.