6/3/15

Contoh Ceramah/khutbah Jumat

Tags

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَانَ بِعِبَادِهِ خَبِيْرًا بَصِيْرًا، تَبَارَكَ الَّذِيْ جَعَلَ فِي السَّمَاءِ بُرُوْجًا وَجَعَلَ فِيْهَا سِرَاجًا وَقَمَرًا مُنِيْرًا. أَشْهَدُ اَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وأََشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وُرَسُولُهُ الَّذِيْ بَعَثَهُ بِالْحَقِّ بَشِيْرًا وَنَذِيْرًا، وَدَاعِيَا إِلَى الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَسِرَاجًا مُنِيْرًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. أَمَّا بَعْدُ؛
Segala puji bagi Allah, yang Maha Mengetahui dan  Maha Melihat hamba-hambanya, Maha suci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan Bulan yang bercahaya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. Ya Allah, curahkan sholawat dan salam bagi nya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.

Hadirin sidang jumat yang Insya Allah dirahmati Allah !

            Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa bertatap muka di tempat yang cukup sederhana ini. Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh manusia Yaitu: Nimat Kesehatan dan kesempatan, …………..
            Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang telah membebaskan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan, dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang, dari zaman Siti Khodijah menuju Zaman Siti Nur Kholijah, dari zaman Ibu Fatimah menuju zaman Ibu Kita Kartini, berkat jasa beliau Islam tersebar di penjuru dunia. Berkat Jasa beliau pula kita bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Hadirin sidang jumat yang Insya Allah dirahmati Allah !

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah, jamaah salat jum’at yang dimuliakan allah. Pada kesempatan yang mulia ini. Khatib akan menerangkan mengenai “ MENUNTUT ILMU”


            Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa mencari ilmu itu hukumnya adalah wajib bagi kaum muslimin dan muslimat. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW di dalam haditsnya:


“Mencari ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-laki dan perempuan.”

            Kenapa Rasulullah SAW. Mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu ? Karena ilmu sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, kita bisa menundukkan seluruh makhluk Allah di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung, bintang, bulan, langit, tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Dengan ilmu pula kita bisa memimpin dunia, memimpin seluruh makhluk hidup. Dan dengan ilmu kita bisa menjadi makhluk yang terbaik di antara makhluk Allah SWT. Tetapi jika tidak berilmu, kita akan menjadi bodoh, tidak tahu apa-apa di dunia ini dan pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling jelek dan paling rendah.

Saudara sekalian Seakidah !!!
           
            Sebagaimana saya sebutkan di awal, bahwa ilmu pengetahuan sangat penting dalam hidup ini, karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akherat. Oleh karena itu, barang siapa yang menghendaki bahagia di dunia, maka harus menguasai ilmu dunia, begitu juga barang siapa yang menghendaki bahagia di akherat, jaga harus dengan ilmu. Sebagaimana sabda Nabi Muhmmad SAW bersabda:
artinya: “Barangsiapa yang menghendaki dunia maka hendaklah ia berilmu, dan barang siapa yang menghendaki akhirat maka hendaklah ia berilmu dan barang siapa yang menghendaki keduanya, hendaklah ia berilmu.” (Al Hadits).

Dari keterangan hadits ini kita bisa menyimpulkan, betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia. Karena itulah manusia akan tingi derajatnya di sisi Allah, dan Allah akan mengagkat derajat orang-orang yang berilmu ke beberapa tingkat (derajat). Sebagaimana Firman Allah dalam surat Al Mujadalah ayat : 11:


“… Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat.”(QS. Al Mujadalah: 11)

            Karena ilmu pula yang membedakan manusia dengan hewan. Begitu pentingnya ilmu bagi kehidupan manusia, Allah mengisyaratkan dalam Al Qur’an bahwa pada wahyu pertama, kata yang pertama dipakai adalah kata IQRA’, yang artinya bacalah. Membaca adalah cara untuk mendapatkan ilmu, tanpa mau membaca seseorang sangat sulit mendapatkan ilmu.

            Sebagai manusia, kita memiliki akal atau intelegensi. Dengan akal inilah kita dapat mencari ilmu pengetahuan, yang mana akan menjadikan kita berbeda dengan binatang. Makhlukflora dan Fauna tidak mampu mencari ilmu, karena mereka tidak berakal. Itulah sebabnya manusia lebih unggul ketimbang makluk lainya. Misalnya, manusia dapat menaklukkan semua makhluk di dunia ini seperti gunung-gunung yang besar, pohon-pohon raksasa, hewan-hewan buas dan lain-lain.

Ceramah ke dua
اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ
Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad, penutup para nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat piluhan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

Hadirin sidang jumat yang Insya Allah dirahmati Allah !

            Dapat kita bayangkan, jikalau kita tidak memiliki ilmu, maka kita akan sama derajatnya dengan makhluk lain, atau bahkan mungkin lebih hina. Menuntut ilmu tidak ada batasannya, meskipun sudah tamat MI, MTs, MA atau sampai Sarjana. Kita wajib menuntut ilmu dari buaian sampai keliang lahat. Sebagaimana sabda Nabi:

“Carilah ilmu sejak dari buaian sampai keliang lahat.”
Dan sabda beliau :

Artinya: “Carilah ilmu walau sampai ke negeri Cina.”

Islam memerintahkan kita untuk mencari ilmu, selama nyawa masih dikandung badan. Tidak ada alasan untuk tidak mencari ilmu, karena dengan ilmu manusia akan bahagia baik di dunia maupun di akherat, hanyalah orang-orang yang tidak waraslah yang tidak mau menuntut ilmu.

Contoh Ceramah / khutbah Jum'at

Tags

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh .

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الأزْمَانِ وَالآنَاءِ، فَلا ابْتِدَاءَ لوجوده ولا انتهاءَ، يستوي بعلمه إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.


Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, semoga doa dan keselamatan tercurah pada Muhammad dan keluarganya, dan sahabat dan siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat.Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah, jamaah salat jum’at yang dimuliakan allah. Pada kesempatan yang mulia ini. Khatib akan memnerangkan mengenai Kewajiban 

Bersatu di bawah Naungan Khilafah Islamiyah.
Alhamdulillah, segala puji bagi Allah. Dzat yang telah menjadikan kita umat yang satu. Meskipun umat Islam berbeda-beda suku, berbeda bahasa, berbeda warna kulit; namun sesungguhnya mereka tetap sebagai umat yang satu. Satu aqidah dan satu syariah! Bukankah Tuhan kita satu…? Bukankah Kitab suci kita satu…? Bukankah Rasul kita satu…? dan Bukankah Kiblat kita pun satu…?
Jika demikian .…,

Lalu mengapa umat Islam saat ini hidup tercerai-berai, satu dengan yang lain? Mereka hidup terkotak-kotak dan terpetak-petak, dalam berbagai negara, dengan batas-batas teritorialnya masing-masing. Mereka pun memiliki pemimpin masing-masing, loyalitas masing-masing, dan prinsip masing-masing.
3 Maret 1924 yang lalu , Khilafah dibubarkan Kamal Attartuk, agen Inggris keturunan Yahudi. Inilah puncak kemerosotan kaum muslim yang memang sudah lama menggerogi tubuh umat.

 Atas nama Dewan Agung Nasional Turki (Al Jam’iyyatu al Wathaniyah al Kubro) , Kamal merubah Turki menjadi Republik dengan asas sekulerisme . Tidak hanya itu, Kamal melakukan proses sekulerisasi dengan tangan besi. Khilafah dibubarkan , alasannya diktator, korup, dan bermacam tuduhan keji lainnya. Hukum syara\\\’ pun diganti, dianggap kuno dan tidak manusiawi. Segala yang berbau Islam, di tuduh berbau Arab, dan harus diganti. Mulai dari bahasa Arab, pakain Arab, sampai Adzan semua harus diubah. Islam dicampakkan. At Tatturk lupa , Islamlah yang membuat umat Islam, rakyat Turki, jaya dan gemilang.
Sekarang , 3 Maret 2006. Penderitaan umat semakin bertambah. Negeri-negeri Islam terpecah belah menjadi puluhan negara yang dikontrol oleh penjajah Barat. Negara lemah, yang tidak bisa menolong saudaranya sendiri. Bayangkan, mereka tidak bisa menyelamatkan Palestina, yang dijajah Israel. Rakyat Irak dibantai, Fallajuh negeri dengan seribu menara masjid dinodai, tapi penguasa-penguasa negeri-negeri Islam yang sekuler itu sekedar jadi penonton. Darah kaum muslim, demikian gampang ditumpahkan oleh penjajah Amerika Serikat dan sekutunya dibantu agen-agen pengkhianat dari umat Islam sendiri. Mulai dari Palestina, Irak, Afghanistan, Bosnia, Chechnya, Uzbekistan, Sudan, Pattani Thailand, Moro Philipina, Poso, Ambon, Aceh. Padahal jumlah kaum muslim lebih dari 1,5 milyar. Kemiskinan, kebodohan, konflik, kemaksiatan pun identik dengan negeri-negeri Islam. Inilah buah sekulerisasi. Inilah buah diruntuhkannya Khilafah.
Padahal, Jamaah Rahimakumullah…
Tak ada satu pun alasan, yang bisa kita gunakan, untuk membenarkan kondisi perpecahan (dis-integrasi) ini. Lalu…, apa jawaban yang akan kita berikan, jika Allah meminta pertanggungjawaban atas semua keadaan ini, kelak pada hari pembalasan?
Tidak ada, saudara-saudara…!
Tidak ada satu hujjah pun, yang bisa kita kemukakan di hadapan Allah kelak. Sebab Allah SWT dan Rasul-Nya, justru telah mewajibkan umat Islam untuk bersatu. Allah SWT. berfirman:
( cari sendiri ya ayatnyaa, hee )
Berpegang teguhlah kamu semua pada tali (agama) Allah dan janganlah bercerai-berai. (QS. Ali Imran [3]: 103)
Sementara itu, Rasulullah Saw. bersabda:
Siapa saja yang datang kepada kalian, sementara seluruh urusan kalian dipegang oleh seorang (khalifah), lalu dia hendak merusak kesatuan kalian dan memecah belah jama’ah kalian, maka bunuhlah dia. (HR. Muslim)
Ayat dan hadits di atas, dengan jelas, memerintahkan umat Islam untuk bersatu, dan sebaliknya melarang umat Islam untuk berpecah-belah.

Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah…
Sudah banyak bukti, bahwa perpecahan telah menjadikan umat ini lemah, tanpa daya. Perpecahan telah menjadikan umat tidak mampu berbuat apa-apa, menghadapi makar negara-negara kafir Barat. Perhatikanlah…! Apa yang bisa diperbuat oleh umat Islam, ketika saudaranya di Iraq dibombardir oleh pasukan sekutu pimpinan Amerika? Dan apa pula, yang bisa diperbuat oleh umat Islam, ketika saudaranya di Palestina, diusir dari tempat tinggal mereka dan dibantai oleh tentara zionis Israel?
Tidak ada…
Tidak ada bantuan berarti, yang bisa diberikan umat Islam kepada mereka. Sebab, mereka telah terbelenggu oleh negara mereka masing-masing. Keberadaan negara-negara tersebut berserta penguasanya, telah mencegah, menghalangi, dan merintangi umat Islam, untuk bisa meberikan pertolongan dan batuan yang berarti bagi saudaranya.
Padahal, jika kita hitung secara kuantitatif, kekuatan yang dimiliki umat Islam jauh lebih besar, dari kekuatan yang dimiliki oleh musuh-musuh Islam. Kita ambil salah satu contoh. Pada tahun 1999, Israel memiliki tentara sekitar 40 ribu personil. Sementara, Mesir saja, memiliki tentara sekitar 1 juta personil. Namun apa yang kita saksikan, saudara…? Tentara Mesir yang jumlahnya 25 kali lipat dari tentara Israel tersebut, ternyata tidak berbuat apa-apa atas kebiadaban Israel terhadap kaum Muslimin Palestina. Mengapa semua ini bisa terjadi? Lagi-lagi karena umat Islam terpecah-belah.
Lalu…, apa yang kita harapkan dengan perpecahan umat saat ini? Tak satu pun manfaat yang kita peroleh dengan perpecahan ini. Oleh karena itu, persatuan umat adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dan wujud persatuan hakiki, yang dituntut oleh Allah SWT, tak lain adalah persatuan umat, dalam ikatan aqidah Islamiyah, di bawah naungan Khilafah Islamiyah.
Ketahuilah, saudara-saudaraku, kaum Muslimin rahimakumullah!
Dunia tidak akan pernah mengakui eksistensi kita (eksistensi kaum Muslimin), selama kita tidak menjadi satu kekuatan riil yang disegani oleh lawan. Dan kita tidak akan menjadi kekuatan seperti ini, selama kita tidak bersatu. Kita pun tidak akan pernah bisa bersatu, selama kita tidak berpegang pada tali agama Allah dan tidak mendirikan Khilafah Islamiyah, yang akan menerapkan Islam secara kaffah. Allahu Akbar….!
Khilafah adalah kepemimpinan umum (universal) bagi kaum Muslimin di seluruh dunia, untuk melaksanakan syariat Islam dan untuk mengemban dakwah Islam ke seluruh dunia. Khilafah, pada hakekatnya adalah puncak dari aqidah dan syariat Islam. Bahkan dapat dikatakan, Islam tidak akan mempunyai eksistensi yang berarti bagi kehidupan, tanpa adanya Khilafah. Allah SWT. telah mewajibkan kaum Muslimin untuk menegakkan Khilafah dan mengangkat seorang Khalifah. Rasulullah Saw. bersabda:
Barang siapa mati, sementara di atas pundaknya tidak ada bai’at, maka matinya dalam keadaan jahiliyah
Makna hadits ini adalah, seorang muslim wajib berbai’at kepada Khalifah, ketika Khalifah ada. Namun, apabila Khalifah tidak ada, atau belum ada, seorang muslim wajib berjuang untuk mewujudkan ke-Khilafahan. Apabila kewajiban ini ditinggalkan, lalu dia mati, maka matinya mati jahiliyah, artinya mati dengan membawa dosa yang amat besar. Nadzubillahi mindzalik.
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah…
Jangan sekali-kali, saudara terpengaruh oleh pihak-pihak yang sengaja menanamkan keragu-raguan, bahwa tegaknya Khilafah adalah sesuatu yang utopis, sesuatu yang mustahil bisa terwujud. Semua itu, tak lain merupakan bisikan syaithan, yang ingin menanamkan keragu-raguan dalam hati kita. Yang ingin mematahkan semangat dan tekat kita dalam perjuangan.
Yakinlah saudara…!, bahwa tidak ada sesuatu yang mustahil di dunia ini, jika Allah menghendaki. Betapa banyak kejadian-kejadian besar di dunia ini, yang tak pernah disangka akan terjadi? Dahulu…, Persia dan Romawi tak pernah menyangka, bahwa Islam yang muncul di negeri Arab, yang terbelakang itu, akan mampu menundukkan mereka. Bahkan tak disangka, Islam akan menjadi kekuatan Adidaya selama 13 abad lamanya. Orang juga tak menyangka, bahwa Uni Soviet akan hacur; tak menyangka bahwa Jerman Barat dan Timur akan bersatu; tak menyangka bahwa kekuasaan Orde Baru akan tumbang, dan lain sebagainya.
Karena itu, kita harus yakin!
Dengan perjuangan, kesungguhan, keikhlasan, dan kesabaran, niscaya Khilafah akan tegak kembali, Insya Allah! Sebagaimana sabda Rasulullah Saw.:
Kemudian akan (muncul) kembali ke-Khilafahan, yang mengikuti metoda kenabian
Oleh karena itu…, Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah!
Bergegaslah saudara-saudara memperjuangkan tegaknya Khilafah; bersama para pengemban dakwah yang ikhlas, yang terus berupaya untuk mengembalikan tegaknya Khilafah. Sebab, menegakkan Khilafah merupakan tuntutan keimanan, yang tak bisa ditawar-tawar lagi bagi seorang muslim. Jangan sampai saudara-saudara menemui ajal, dalam keadaan jahiliyah.
Ditinjau dari segi realitas, tegaknya Khilafah saat ini, merupakan tuntutan dan kebutuhan yang sangat rasional. Sebab, hanya dengan Khilafah lah, masa depan peradaban manusia saat ini bisa diselamatkan dari kehancurannya. Kehancuran akibat penerapan ideologi kapitalis, yang terbukti gagal mewujudkan keadilan, kesejahteraan, ketentraman, dan kedamaian dunia. Hanya Khilafah lah yang mampu mewujudkan semua itu, dengan penerapan Islam secara kaffah. Hanya Khilafah lah yang mampu mewujudkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh isi alam. Hanya Khilafah lah yang mampu menjaga dan melindungi umat dari ancaman musuh-musuhnya. Dan Hanya Khilafah lah yang mampu menghentikan kesombongan, arogansi, dan kebiadaban Amerika dan sekutu-sekutunya. Allahu Akbar…!
( disini di tulis do’a khutbah pertamanyaaa,, sedikti kutipan “barokallah hu liwalakum bla…bla..blaa…”

CERAMAH KE-2
الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى
أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، وَبَعْدُ:
Ma’asyiral Muslimin Rahimakumullah…
Saat ini, seruan penegakkan Khilafah telah menggema di seluruh pelosok dunia. Seruan tersebut tidak hanya bergema di negeri-negeri Muslim saja, seperti Syiria, Yordania, Palestina, Mesir, Sudan, Turki, Yaman, Pakistan, Uzbekistan, Indonesia, dan sebagainya; tapi juga bergema di jantung negeri-negeri Kafir, seperti Inggris, Jerman, Denmark, Austria, Amerika, Kanada, Australia, dan sebagainya.
Sungguh…, Khilafah akan kembali, Insya Allah dalam waktu dekat; sekalipun semua upaya dan harta dikerahkan oleh orang-orang kafir dan antek-anteknya untuk menghalangi tegaknya Khilafah. Kuatkanlah cita-cita, dan bersungguh-sungguhlah memperjuangkannya. Semoga Allah meneguhkan perjuangan kita. Dan semoga kita termasuk orang-orang yang dipilih Allah, untuk mewujudkan janji-Nya dalam Al-Quran, surat an-Nuur: 25.

( cari sendiri ya ayatnyaaa,, :D hee)

Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman diantara kamu dan mengerjakan amal shaleh, bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah mejadikan orang-rang yang sebelum mereka berkuasa. Dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridlai-Nya untuk mereka. Dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukankan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.
disini di tulis sendiri ya, doa ceramah keduanyaaa, hee, sory ya beeloverz, agak ngerepotinnn”

Contoh memimpin bacaan Do'a

Tags

Yang kami hormati bpk ibu (…..…) sekeluarga semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan barokahnya, abi umi dan teman2ku yang sama2 semoga dirahmatai Allah SWT. Amin.

Mari kita bersama2 berdoa kepada Allah SWT semoga apa yang kita niatkan dan kita cita2kan wabil khusus kepada Bpk ibu (……) sekeluarga semoga dikabulkan Allah SWT..
Astagfirullah halazim 3X…
alhamdulillahirabbil alamin hamdasyakirin hamdannaimin hamdayu afi niamahu wayukafi ummazidah. Ya rabbana lakal hamdu kama yambagi lijalali wajhikal karimi waazimisultonik.

alahummagfirli waliwalidayya warhamhuma kama rabbayani sagiro
walijamiil muslimin wal muslimat wal mu’minin wal mu’minat al ahya iminhum wal amwat innaka sami’ungkoribumujibuda’wat.

allahumma innanasaluka ridakawaljannah wa’auzubika min sakhotika wannar.
allahumma la sahla illa ma jaaltahu sahla wa anta tajalul hazna iza syi’ta sahla.
allahumma ahsin akibatana filumuri kulliha wa ajirna minhizyiddunya wa adzabilakhirah.
allahumma innanasaluka salamatan fiddin wadun ya walakhirah. Waziadatan fil ilmi wabarokatan firrizki wataubatan koblal maut warahmatan indal maut wamagfiratan ba’dal maut. Allahumma hawin alaina fi syakaratil maut. Wannazata minannar wal afwa indal hisab.

ya allah ya rahman ya rahim irhamna ( sayangilah ). 
ya salam3 salimna ( selamatkanlah )
ya razaq3 urzukna ( beri rizki ).
rabbana atina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah wakina adzabannar. 
Subhanaka rabbil izzati amma yasifun wasalamun alal mursalin walhamdulillahirabbil alamin.

cerpen benang merahku



Percayakah anda akan jodoh benang merah? Dulunya aku tidak percaya, sampai aku mengalaminya sendiri. Masih terekam jelas diingatanku akan peristiwa yang penuh kebetulan itu. Kini akan kuceritakan pada kalian semua. Oke mari simak ceritaku dengan sangat seksama.

Dari jauh terdengar suara langkah kaki sepertinya menuju kekamar gue. Dan…..”Hai……Sa! lagi ngapain u?” Ini nih si cerewet, tukang gossip, suka dandan dan entah apalagi julukannya datang tanpa diundang.”Eh…lu Kei. Ngak lagi bengong aja. Kok ga bilang-bilang mau datang?” jawab gue sekenanya “Ah…..seneng banget sih bengong ga jelas gitu. Gue mau kasih kejutan aja datang ga bilang-bilang. Terkejut kan lu.hehehehe” Gue senyum sekenanya ga enak kalau gue jawab gue ga terkejut dengan kedatangannya tapi merasa terganggu. Gue kan belum siap bengong. Gara-gara dia datang terhenti deh aktivitas gue yang menyenangkan ini. Hihihihihi. Gak lama si Keiza nyeletuk lagi “ Nah…kan bengong lagi. Aduh Callisa hilangi deh hobi lu yang ga jelas itu ntar jadi penyakit lho. Gue kesini sebenarnya mau ngajak lu untuk kopi darat. Mau ya temenin gue ???”tanyanya memelas ”What!!!! Gila lu Kei, masa kopi darat ngajak-ngajak malas ah… Gue paling ga bisa disuruh jumpain orang yang belum gue kenal males..” Jawab gue dengan tegas.” Tolong dong Sa, katanya dia juga ngajak teman jadi untuk nemeni temannya itu gue disuruh ajak temen juga . Mau ya Sa, please…..?” pintanya lagi sekarang dengan nada mengiba.”Disuruh? Enak aja dia main suruh-suruh. Cowok chattingan lagi kan?. Ga kapok-kapok ya lu kopi darat sama cowok chattingan yang ga jelas itu. Baru bulan kemarin lu kecewa karena cowok chattingan lu itu ga sebaik yang dia ceritakan waktu kalian chat. Nah sekarang muncul lagi yang baru. Kei, Kei cari pacar itu jangan begitu caranya, kan masih banyak cowok nyata disekitar kita daripada lu cari cowok maya yang ga jelas.”Jawab gue panjang lebar. “Aduh…… Sa gue ga butuh nasehat yang gue butuh itu temen untuk kopi darat. Kan ga semua laki-laki sama. Kata orang tua kita ga boleh pantang menyerah. Nah…lu sendiri cowok nyata ga ada cowok maya pun ga ada mending gue.Wueeek!” Ejeknya” Eh ini anak ngejek lagi hei lu kesini mau minta tolong kan? Ga gue temenin lu kesana baru tau rasa”ancam gue.”Eh…berarti lu setuju ikut gue kesana kan. Aduh Callisa thanks ya lu memang sahabat gue yang paling oke. Mana tau temennya itu nyantol ke lu kan lumayan hehehe” 

“Udah deh jangan ngaco kalau ngak gue batalin nih”ancam gue lagi”Alah…. padahal dalam hati mengharap juga tuh”Ejeknya lagi sambil melempar bantal kewajahku”KEEEIIIIZZZZA”jeritku. Kemudian dia lari keluar tanpa sempat gue balas lemparannya itu.

Selama jam pelajaran di sekolah si Keiza terlihat gelisah, mungkin udah ga sabar untuk ketemu sama cowok chattingannya itu ”Kei, Keiza”hardikku “Apaan sih”jawabnya dengan merengut “Lu dipanggil ga dengar sih, muka lu tuh non nape? Kebelet pipis ya?”Tanya gue dengan sok lugu, padahal udah tahu sih kenapa si cerewet ini mendadak jadi gelisah dan pendiam. Padahal bisanya wuihh tak pernah ada jedanya ada aja bahan gosipannya. “Menurut lu” jawabnya lugas. Melihat jawabannya itu gue hanya bisa tersenyum. Ga lama kemudian lonceng istirahat bunyi, bagai angin topan semuanya berhamburan keluar kelas ada yang menuju ke kantin ada yang ke toilet dan ada yang terlihat sudah di datangin sama cowoknya. Kami pun tak mau menunggu lama segera berhembus kekantin.

Setelah membeli beberapa bungkus roti kami mencari tempat duduk yang kosong di mulailah percakapan yang menurut gue amat menyebalkan ini “Calissa nanti sore benar ya lu temenin gue untuk kopi darat” “Keiza bin Sanusi mau berapa kali lu konfirmasi sama gue tentang ini?” Keiza merengut “ yeeeeee, kan cuman untuk memastikan lagian penting ya bawa-bawa nama bokap gue?” gue ketawa mendengarkan jawabannya sambil memperbaiki duduk gue “iya gue kan udah janji pantang bagi gue mengingkari janji, ya udah ntar sore lu jemput gue dirumah ya..jangan telat “ “ ok bos” sambil tersenyum Keiza terlihat mau menyuapin gue dengan rotinya ya gue ngelak donk enak aja mau jejelin gue dengan roti bekas dia.

Terdengar suara cempreng si Keiza di lantai bawah rumah. “Sa…..udah siap belum? Udah ga usah dandan banget kan gue yang mau kopi darat atau jangan-jangan lu beneran mengharap bisa nyantol sama temennya ya?” waduh ini orang minta di gaplok bukannya naik trus masuk kekamar gue malah teriak- teriak ga jelas di bawah. Kalo mama denger kan bisa runyam urusannya. Kemudian gue cepet-cepet turun kebawah sebelum tuh anak jerit –jerit ga jelas. “hei Sa udah siap, weits cantik amat lu? Katanya males ketemu dengan yang begituan tapi kok lu yang lebih siap dari gue ya dandanannya? “ Dengan sigap gue tarik tuh anak untuk menjauh dari ruang tamu menuju teras sambil melirik apa si bibi mendengar atau memperhatikan kami.”Apaan si Sa, sakit nih tangan gue main di tarik-tarik aja” “ lu tu ye….ngapain pake teriak-teriak segala dari bawah bukannya langsung kekamar gue aja ntar kalo mama tahu kita mau ketemuan sama cowok yang ga di kenal kan bisa batal rencana kita. Gue sih ga masalah emang lu mau kita ga jadi ketemuan sama cowok chattingan lu itu?”ancam gue dengan wajah yang gue seriusin biar nih anak jadi takut. Sambil mundur selangkah dan dengan wajah yang sedikit menyesal si keiza minta maaf” sori Sa saking girangnya makanya gue jadi keceplosan gue sengaja ga kekamar lu supaya lu langsung turun kebawah kalo gue kekamar lu takut ntar lu lelet dan ga siap-siap dandannya. Kalo gue di bawah lu kan harus cepat-cepat nyusul gue ke bawah” ”sekali lagi sori deh, tapi kita jadikan perginya?” ”Beberapa menit yang lalu lu hampir membuat itu ga jadi”jawab gue kesel. Keiza hanya diam saja dan memasang muka mengiba.

Kami berdua berjalan masuk kedalam kafe yang tidak begitu ramai. Kata Keiza ini tempat mereka janjian untuk ketemuan.”Kami janjian pake baju warna merah Sa. Yuk coba kita cari cowok berbaju warna merah” ajaknya. Baju warna merah? Bukannya Keiza pake baju warna kuning?”Za tunggu deh kata lu janjian pake baju warna merahkan? Kok lu sendiri pake baju warna kuning? “ Tanyaku heran.”Ia gue sengaja mana tau cowok itu ga oke kan kita bisa langsung cabut tanpa harus dikenalin” ”Dasar lu, nah gimana kalau cowok itu berpikiran sama juga kayak lu? Ya kalian ga bakalan ketemu dong? “ Tanya gue lagi dengan nada heran.”Ga mungkin dia pasti pake baju warna merah sesuai perjanjian kami karena dia keliatan antusias banget waktu mau ketemu sama gue. Jadi ga mungkin kan dia melanggar perjanjian kami” Jawabnya dengan penuh keyakinan”Pede banget lu ngomongnya” ejek ku”Iya dong Keiza” Jawabnya sombong kayak slogan diiklan huh.

Kami pun duduk dan memesan minuman. Aku melirik Keiza yang selalu celingak-celinguk mencari-cari sosok cowok yang berbaju merah. Tapi mukanya nampak kecewa, berarti dia belum menemukan cowok chattingannya itu. Gak lama aku nyeletuk”Eh kei coba lu liat cowok itu? Eng…….maksud gue om-om itu pake baju merah kan? “tanyaku”Callisa yang mau kita jumpain ini anak muda umur 19 tahun bukan om-om yang kepalanya udah botak. Lagian dia berdua sama temannya bukan gerombolan gitu”jawabnya dengan kesal “ya mungkin aja kan?”. Kemudian si Keiza terlihat gusar sambil melihat orang-orang di sekelilingnya. “Emang lu ga pernah tukeran nomor hp?”Tanya gue dengan ga sabaran. Gue juga udah mulai kesal karena sicowok yang di maksud belum juga keliatan batang hidungnya. Si Keiza yang ditanya diam saja terlihat mimik menyesal diwajahnya, mungkin ia berpikir kenapa bodoh banget? Kenapa ga terpikir untuk meminta no hp cowok tersebut. “ah foto? Gimana? Masa kalian ga pernah tukaran foto?”tanyaku lagi “ Aduh Sa please deh…..gue akui deh gue emang bodoh kenapa sampai hal sewajar itu pun ga terpikir sama gue””Sekarang kita fokus aja untuk mencari cowok yang memakai baju warna merah yang umurnya 19 tahun , ok!”” yee, baru ngaku bu kalo situ bego?? Masa chattingan Cuma sekedar chattingan ga tukeran nomor hp atau saling kirim gambar. Jangan-jangan tuh cowok ngibulin lu lagi?” Keiza terlihat marah dan gusar mendengar omongan gue kemudian dia berdiri”eh mau kemana?” “mau ke toilet perut gue mendadak mules denger omongan lu”. Gue tersenyum kecut mendengarnya”Gue ikut dong” “Jangan ntar kalo cowok itu muncul kan ga ada yang tahu”Keiza memberi alasan yang lumayan masuk akal tapi gue ga mau kalah “Tapi gue kan ga kenal sama dia trus yang janjian kan lu bukan gue” ”Calissa kalo sekedar nomor hp gue lu ada kan? Kalo lu ga ada percuma dong kita udah berteman sejak lama tapi lu ga tahu no hp gue” Gue tertawa mendengar jawabannya. Pintar aja nih anak membalikkan kata-kata gue tadi. “ya udah deh kalo gitu jangan lama-lama ya” pinta gue. “Emang gue mau nginap sampe lama-lama?” kemudian Keiza pun pergi ke toilet. Hahaha anak itu udah mulai ngambek, lucu juga dia kalo ngambek. Lagian salah sendiri mau ketemuan tapi ga ada pegangan sama sekali Cuma bawa badan dan gue temennya yang baik hati dan tidak sombong ini. Pake nipu segala lagi sama warna baju.

Lima menit kemudian Keiza keluar dari toilet tau dong hal apa yang pertama kali dia tanyain”gimana Sa udah ketemu sama cowok yang pake baju merah dan umurnya terlihat 19 tahun? dan keren?” kata terakhir diucapin dengan agak pelan berharap kalo cowok itu berpenampilan keren. Gue menghela nafas sebentar dan menggelengkan kepala. Keiza terlihat sedih bercampur kesal mendengar jawaban gue atau lebih tepatnya melihat jawaban gue.

Gak lama setelah itu ada cowok kece yang mendatangi kami untuk mengajak kenalan. Dari awal aku udah bilang kalau menghadapi orang asing itu aku canggung jadi aku banyak diam. Ya si centil Keiza ini yang ladeni. Selagi diam aku memperhatikan cowok itu. Wajah cowok itu terlihat kebule-bulean ya mungkin darah indo, tetapi rambutnya berwarna hitam legam tidak seperti kebanyakan cowok indo yang berambut pirang. Postur tubuhnya tinggi semampai terlihat ideal dengan balutan celana jeans dan jaket hitam. Rajin ke gym mungkin batinku. Cowok itu nyeletuk “Teman Keiza yang satu ini diam aja ya? Kenapa sakit ya?” tanyanya ramah gue cuma bisa tersenyum dan menggeleng lemah, mungkin karena kuperhatikan dengan serius dia jadi sadar akan kehadiran gue ” Oh…kirain sakit tapi kalau boleh tau namanya siapa ya? “Aku Richie”sambil mengulurkan tangan ia tersenyum ramah”Oh aku Callisa” sambil tersenyum gue ulurkan juga tangan gue”ehem ehem udah pada aku kamu ini nampaknya baru aja kenal 10 menit yang lalu”Gile aja ini si Keiza bikin gue malu setengah mati. Cowok yang gue lirik pun memerah mukanya. Kemudian cowok itu meminta nomor hp gue. Si Keiza pun ngerti kalau cowok ini naksir sama gue bukan sama dia. hehehehe.

Tau dong si cerewet Keiza ga tahan kalau ga nanya ”Richie lu kesini kok sendirian? Memang lagi iseng atau nungguin orang?” “ Sebenarnya gue mau ketemuan sama orang tapi orang yang gue tunggu-tunggu kok ga datang ya kelihatannya?” Jawab Richie yang hampir sama dengan pertanyaan.”Oh….kalo lu nyamperin kita ya orang yang lu tunggu ga ngeliat lu dong” sahut si Keiza “Ah….biarin aja deh lagian gue juga belum pernah ketemu sama itu orang” jawab Richie cuek “ Lho kok bisa?” Tanya Keiza penasaran. Gue juga mulai penasaran “ Jadi gini gue selama ini chatting sama cewek kemudian kami mutusin untuk kopi darat hari ini. Karena kami belum pernah ketemu kami putuskan untuk memakai baju merah sebagai tanda pengenal dan gue ngasih ide untuk bawa teman biar ntar suasana jadi rame dan ngak garing” terangnya”terus????” Si Keiza udah mulai pucat mukanya ya gue tau itu karena apa ”Sialnya temen gue itu ga bisa datang nemeni gue ya udah terpaksa gue datang sendiri ga enak kan udah janji. Tapi biarin deh cewek itu aja ga keliatan batang hidungnya yang penting kan gue udah dapat kenalan ya Callisa ” Katanya sambil tersenyum. Sekarang terlihat kalau muka Keiza pucat beneran “ Tapi….tapi katanya kalian janjian pake baju warna merah lu sendiri pake baju warna hitam ga salah dong kalo cewek itu ga ngeliat lu?”dengan terbata-bata si Keiza terlihat membela diri”Ga juga, lu lihat kaos didalam jaket hitam gue warna merah kan? Lagian gue udah rencanain kalo memang cewek itu datang gue akan lepas jaket gue dan samperin itu cewek dengan kaos warna merah sesuai dengan perjanjian gue. Ga fair dong kalo gue langsung nampakin gue pake baju merah dan ternyata cewek itu bohong pake baju warna lain dan hanya dia yang tahu gue tanpa gue tahu dia ” Pintar juga nih anak, aduh Richie kalau lu langsung pake baju merah jangan takut si Keiza ini pasti langsung nyamperin lu walau dia curang ga pake baju sesuai keputusan kalian. Tapi apa mau dikata nasi telah menjadi bubur si Keiza hanya bias senyum dengan wajah kecut mungkin hal pertama yang dilakukannya adalah men -delete nama cowok ini dari msn nya. Terlanjur malu kan. Lagian si cowok naksir sama gue sahabatnya. Hehehehehehe. Jodoh gak kemana.”Aduh kok pada bengong sih?ng…Callisa kalau gue mau maen kerumah lu sekali-sekali boleh kan?” gue hanya mengangguk tersenyum. Tiap hari juga boleh Richie. Gue lirik muka si Keiza , gue hanya bisa membuat wajah tak berdosa sambil tersenyum lepas.

Sekarang kalian semua percaya kan dengan jodoh benang merah itu. Bersiap-siap lah untuk ketemu mereka entah dimana dan dalam keadaan seperti apa.

Dari belakang ada yang memelukku mesra “Lagi ngetik apaan si yang?” Tanya Richie suamiku.” Ngak cuma kenangan masa lalu yang perlu diarsipkan” jawab gue sekenanya sembari mengsave dan menutup laptopku.

CONTOH SOAL ARITMATIKA

Tags

Pilihlah jawaban yang palinh tepat !

  1. Seorang pedagang membeli 200 kg jeruk seharga Rp 750.000,00. Setelah melakukan pemilihan, jeruk tersebut dijual 80 kg dengan harga Rp 5.000,00 per kg dan 110 kg dijual dengan harga Rp 4.000,00, sedangkan sisanya busuk. Hasil yang diperoleh pedagang tersebut adalah ….
a.       Untung Rp 90.000,00                               c.   Untung Rp 40.000,00
b.      Rugi Rp 90.000,00                                    d.   Rugi Rp 140.000,00

  1. Harga pembelian 100 buku tulis adalah Rp 180.000,00. Jika buku tersebut dijual per 10 buku seharga Rp 20.000,00, persentase untung yang diperoleh adalah ….
a.       20%                                                           c.   10%
b.                                                             d.   9%

  1. Seorang pedagang membeli 8 lusin pensil seharga Rp 100.000,00, kemudian 80 pensil dijual dengan harga Rp 1.000,00 per buah dan sisanya dijual Rp 800,00 per buah. Hasil yang diperoleh pedagang tersebut adalah ….
a.       Untung 7,2%                                             c.   Untung 8%
b.      Rugi 7,2%                                     d.   Rugi 10%

  1. Seorang pedagang membeli barang dengan harga Rp 250.000,00 dan biaya perjalanan Rp 50.000,00. Kemudian barang tersebut dijual dengan memperoleh untung 15%. Berapa harga penjualan barang tersebut ?
a.       Rp 287.500,00                                          c.   Rp 337.500,00
b.      Rp 295.000,00                                          d.   Rp 345.000,00

  1. Lima lusin mainan anak dibeli dengan Rp 312.000,00 kemudian dijual dan ternyata mengalami kerugian sebesar Rp 18.000,00. Harga penjualan tiap buah mainan tersebut adalah ….
a.       Rp 3.600,00                                              c.   Rp 5.500,00
b.      Rp 4.900,00                                              d.   Rp 5.880,00

  1. Budi membeli sepeda seharga Rp 400.000,00 dan dijual lagi dengan mengharapkan untung sebesar 20%. Harga jual sepeda Budi adalah ….
a.       Rp 320.000,00                                          c.   Rp 420.000,00
b.      Rp 380.000,00                                          d.   Rp 480.000,00

  1. Seorang pedagang memperoleh untung Rp 11.000,00. Jika keuntungan tersebut 10% dari harga pembelian, maka harga penjualannya adalah ….
a.       Rp 131.000,00                                          c.   Rp 110.000,00
b.      Rp 121.000,00                                          d.   Rp   99.000,00

  1. Sapar mendapat untung 15% dari harga pembelian suatu barang. Jika untung yang diperoleh tersebut Rp 75.000,00. Harga pembelian barang-barang tersebut adalah ….
a.       Rp 1.125.000,00                           c.   Rp 425.000,00
b.      Rp    500.000,00                           d.   Rp 275.000,00

  1. Anto membeli sepeda motor bekas kemudian dijual kembali dengan harga Rp 5.000.000,00. Dari hasil penjualan tersebut Anto memperoleh keuntungan 25%, maka harga pembelian sepeda motor Anto adalah ….
a.       Rp 3.750.000,00                           c.   Rp 4.750.000,00
b.      Rp 4.000.000,00                           d.   Rp 6.250.000,00

  1. Sebuah toko memberikan diskon 20% untuk baju dan 15% untuk lainnya. Ana membeli sebuah baju seharga Rp 75.000,00 dan sebuah tas seharga Rp 90.000,00. Jumlah uang yang harus dibayar Ana untuk pembelian baju dan tas tersebut adalah ….
a.       Rp 73.500,00                                            c.   Rp 136.500,00
b.      Rp 91.500                                     d.   Rp 165.000,00


  1. Dimas menabung uang sebesar Rp 900.000,00 di bank dengan mendapat bunga 6% per tahun. Untuk memperoleh bunga sebesar Rp 36.000,00 Dimas harus menabung selama ….
a.       3 bulan                                                      c.   8 bulan
b.      6 bulan                                                      d.   9 bulan

  1. Ahmad menabung selama 5 bulan dan memperoleh bunga sebesar Rp 4.500,00. Jika uang tabungan Ahmad mula-mula Rp 120.000,00, suku bunga per tahun yang ditetapkan adalah ….
a.       9%                                                 c.   12%
b.      10%                                                           d.   13,5%

  1. Dinda meminjam uang sebesar Rp 200.000,00 di koperasi. Jika koperasi menetapkan bunga tunggal 1,5% setiap bulan, maka jumlah uang yang harus dibayar Dinda setelah meminjam selama 8 bulan adalah ….
a.       Rp 212.000,00                                          c.   Rp240.000,00
b.      Rp 224.000,00                                          d.   Rp 248.000,00

  1. Ani menyimpan modal di koperasi dengan bunga 8% per tahun. Setelah 1 tahun Ani menerima bunga sebesar Rp 20.000,00. Berapa besar modal simpanan Ani di koperasi tersebut ?
a.       Rp 160.000,00                                          c.   Rp 220.000,00
b.      Rp 208.000,00                                          d.   Rp 250.000,00

  1. Berat bruto dari sekarung kacang kedelai adalah 110 kg. Jika taranya 3%, maka berat netto karung kacang kedelai adalah ….
a.       1.063 kg                                        c.   1.077 kg
b.      1.067 kg                                        d.   1.133 kg

  1. Pada sebuah kaleng biskuit tertulis netto 1 kg. Jika 20 kaleng biskuit ditimbang dan ternyata berat seluruh kaleng 24 kg, berapa bruto tiap kaleng biskuit ?
a.       2,4 kg                                                        c.   1,4 kg
b.      2,2 kg                                                        d.   1,2 kg

  1. Seorang petani meminjam uang di KUD sebesar Rp 600.000,00 dengan bunga tunggal dan suku bunga pinjaman 12% per tahun. Jika petani tersebut ingin mengangsur 10 kali untuk melunasi pinjamannya, besar angsuran tiap bulan yang harus dibayarkan adalah ….
a.       Rp 66.000,00                                            c.   Rp 72.000,00
b.      Rp 67.200,00                                            d.   Rp 74.400,00

  1. Sebuah televise 29” harganya Rp 3.500.000,00 jika dibeli secara tunai. Tetapi jika dibayar dengan angsuran, pemebeli harus membayar uang muka sebesar Rp 500.000,00 dan angsuran tiap bulan Rp 320.000,00 selama 1 tahun. Selisih pembayaran secara tunai dengan angsuran adalah ….
a.       Rp 840.000,00                                          c.   Rp 340.000,00
b.      Rp 800.000,00                                          d.   Rp 300.000,00

  1. Sebuah toko pakaian memberikan diskon 25% pada setiap pakaian. Dewi membeli 5 buah baju seharga Rp 60.000,00 tiap baju dan ia membayar dengan 3 lembar uang ratusan ribu rupiah. Kembalian uang yang diterima Dewi dari pembelian baju tersebut adalah ….
a.       Rp 125.000,00                                          c.   Rp  50.000,00
b.      Rp   75.000,00                                          d.   Rp  25.000,00

  1. Saiful mendapat hadiah undian sebesar Rp 75.000.000,00 dengan dikenai pajak 25%. Jumlah uang yang diterima Saiful setelah dipotong pajak adalah ….
a.       Rp 37.500.000,00                         c.   Rp 56.250.000,00
b.      Rp 55.250.000,00                         d.   Rp 73.125.000,00

  1. Harga pembelian 2 karung beras yang masing-masing beratnya 25 kg adalah Rp 180.000,00. Jika tara 2% dan beras tersebut dijual dengan harga Rp 4.200,00 pe kg, maka keuntungan yang diperoleh adalah ….
a.       Rp 13.200,00                                            c.   Rp 25.800,00
b.      Rp 21.600,00                                            d.   Rp 30.000,00

  1. Dengan harga  jual Rp 276.000,00 seorang pedagang menderita kerugian 8%. Harga pembeliannya adalah ….
a.       Rp 292.000,00                                          c.   Rp 300.000,00
b.      Rp 296.000,00                                          d.   Rp 324.000,00

  1. Seorang pedagang mengalami kerugian Rp 15.000,00 setelah ia menjual barangnya. Persentase kerugian yang diderita pedagang tersebut adalah 10% dari harga pembelian. Harga penjualan barang tersebut adalah ….
a.       Rp 120.000,00                                          c.   Rp 150.000,00
b.      Rp 135.000,00                                          d.   Rp 165.000,00

  1. Amir menabung di bank pada tanggal 10 Juni sebesar Rp 300.000,00. Bank tersebut memberikan bunga tunggal dengan suku bunga 6% per tahun. Besar bunga tabungan Amir sampai tanggal 16 Juli 2006 adalah … (1 tahun = 360 hari)
a.       Rp 1.750,00                                              c.   Rp 2.250,00
b.      Rp 1.800,00                                              d.   Rp 9.600,00

  1. Dita menyimpan uang dalam deposito sebesar Rp 2.000.000,00. Suku bunga per tahun 9% dengan pajak 20%. Besar bunga yang diterima Dita selama 1 tahgun adalah ….
a.       Rp 180.000,00                                          c.   Rp   72.000,00
b.      Rp 144.000,00                                          d.   Rp   36.000,00