INILAH DAMPAKNYA JIKA HIDUP BERSAMA ALQURAN


“Sesungguhnya Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal sholeh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar (QS. Al Israa : 9)
Hidup dalam naungan Al-Qur’an berarti selalu berinteraksi dengan Al-Qur’an baik secara tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifzh (menghafalkan), tanfiidz (mengamalkan), ta’lim (mengajarkan),  dan tahkiim (menjadikannya sebagai pedoman dalam kehidupan dan rujukan hukum). Rosululloh bersabda : sebaik-baik di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”
Orang yang mempelajari Al-Qur’an adalah orang yang masuk pada tahapan awal dari interaksi terhadap Al-Qur’an dan orang yang mengajarkan Al-Qur’an adalah orang yang sudah sampai tahapan akhir daripada interaksi terhadap Al-Qur’an. Namun secara umum orang-orang yang berjiwa robbani adalah orang yang senantiasa mengajarkan Al-Qur’an dan pada saat yang sama orang tersebut berlajar Al-Qur’an dan semuanya masuk ke dalam golongan orang yang terbaik dari umat Islam.
Orang-orang beriman menjadikan Al-Qur’an sebagai buku bacaan hariannya serta tidak pernah bosan dan kenyang dengan Al-Qur’an. Sebagaimana diungkapkan oleh Utsman bin ‘Affan z: kalau hati kita bersih, maka kita tidak akan pernah kenyang dengan Al-Qur’an.”
Rosululloh bersabda : “Al-Qur’an ini adalah hidangan Alloh, maka terimalah hidangan itu sekuat kemampuan kalian. Al-Qur’an ini adalah tali Alloh, cahaya yang terang, obat yang bermanfaat, terpeliharalah orang yang berpegang teguh dengannya, keselamatan bagi yang mengikutinya. Jika akan menyimpang maka diluruskan, tidak terputus keajaibannya, tidak lapuk karena banyak diulang. Bacalah, karena Alloh akan memberikan pahala bacaan kalian setiap huruf sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif laam miim satu huruf, tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf.” (HR. Hakim)
Jika setiap huruf terdapat sepuluh kebaikan, maka bagaimana dengan satu halaman Al-Qur’an? MaasyaAlloh begitu besarnya karunia Alloh bagi hambaNya yang beriman. Cukuplah bagi kita untuk senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur’an setiap harinya. Karena suatu saat nanti Al-Qur’an akan menjadi syafat bagi yang membacanya. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan ahlul qur’an. Aamiin.

Wallohu a’lam.

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.