KEAJAIBAN SEDEKAH DAPAT MENCEGAH BENCANA DAN MUSIBAH


Keutamaan sedekah bukan hanya terletak pada balasan pahala yang berlipat saja, namun masih banyak keutamaan lain yang lebih dasyat dari itu. Sedekah akan menolak berbagai macam musibah, bencana dan kesusahan yang mengerikan. Sedekah akan mengangkat berbagai macam bencana, marabahaya dan penyakit yang akut. Hal ini ditunjukkan oleh berbagai nash, serta dibuktikan secara riil dan berdasarkan pengalaman.
Rosululloh saw bersabda  :
إنَّ الصَّدَقَتَ ... وَتَدْفَعُ مِيْتَةَ السُّوْءِ
“Sesungguhnya sedekah….. dan mampu menghindarkan dari kematian yang buruk” (HR. Tirmidzi)
الصَّدَقَةُ تَسُدُّ سَبْعِيْنَ بَابًا مِنَ السُّوْءِ
“Sedekah mampu menutup tujuh puluh pintu keburukan.” (HR. Thobroni)
Demikian pula, sedekah dapat menjaga kondisi badan, serta dapat mengusir berbagai bencana dan penyakit dari pelakunya. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah hadist :
دَاوَوا مَرْ ضَاكُمْ بِالصَّدَقَةِ
“Obatilah orang-orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (HR. Baihaqi)
Kebalikannya, keengganan untuk bersedekah dapat menyeret seseorang ke dalam berbagai musibah dan cobaan. Hal ini ditunjukkan dalam hadist Anas bin Malik r.a. yang diriwayatkan secara marfu’, di antaranya berbunyi, “Sesungguhnya Jibril berkata kepada Ya’qub a.s. yang ia sampaikan dari Alloh s.w.t., “Tahukah engkau, kenapa aku hilangkan penglihatanmu, aku buat punggungmu bungkuk dan saudara-saudara Yusuf melakukan apa-apa yang telah mereka lakukan kepadanya? Sebab, dulu kalian pernah menyembelih seekor kambing, lalu ada seorang miskin nan yatim yang tengah berpuasa, namun kalian tidak mau memberikan makan sedikitpun.
Demikian luar biasanya balasan sedekah bagi yang melaksanakannya. Seseorang yang bersedekah tidak akan kekurangan dari rahmat Alloh. Oleh karena itu mari kita berkomitmen untuk bersedekah, setiap hari, atau seminggu sekali. Selain akan terhindar dari berbagai macam bahaya dan musibah kita juga bisa berbagi kebahagiaan dengan orang yang kita bantu.
Wallohu a’lam.


Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.