PENGERTIAN SYIRIK DAN MACAM-MACAMNYA


Secara bahasa (etimologi), syirik artinya menyeku-tukan atau menjadikan sesuatu memiliki sekutu (syarīk). Sedangkan secara istilah (terminologi), syirik artinya menyekutukan Alloh   dengan sesuatu selain-Nya. 
Macam Syirik

Syirik terjadi dalam tiga hal, yaitu: 
1. Syirik dalam rububiyyah, atau hak ketuhanan.
Contoh syirik dalam rububiyyah:

•Berpendapat dan berkeyakinan bahwa alam se-mesta terjadi dengan sendirinya, tanpa ciptaan al-Kholiq, Alloh   Yang Maha Pencipta.
Keyakinan syirik yang batil ini dikenal dengan teori evolusi atau teori Darwin, yang dicetuskan oleh Charles Darwin, seorang Yahudi ateis.
•Meyakini ada dzat selain Alloh   yang mampu memberikan manfaat atau mudhorot seperti, meyakini bahwa bintanglah yang menurunkan hujan tanpa kehendak Alloh.
•Meyakini ada dzat selain Alloh   yang mampu melindungi manusia dari marabahaya atau me-ngeluarkan mereka dari berbagai kesulitan seperti meyakini bahwa Syaikh ‘Abdul Qodir Jailani sanggup menolak bencana dan memenuhi kebutuhan manusia.

2.Syirik dalam uluhiyyah, atau hak peribadatan.
Contoh syirik dalam uluhiyyah:
•Berdoa atau memohon kepada selain Alloh  .
•Sujud kepada selain Alloh  .
•Menyembelih hewan untuk selain Alloh  , seperti jin, Nyi Loro Kidul, penghuni kubur, dan lain-lain.

3.Syirik dalam asmā’ wa shifāt, yaitu hak nama-nama dan sifat-sifat khusus yang Maha Mulia.
Contoh syirik dalam asmā’ wa shifāt:
•Meyakini ada seorang makhluk yang memiliki sifat-sifat seperti Alloh  , seperti meyakini bahwa sebagian  para wali, dukun atau paranormal mengetahui perkara ghoib. 
•Memberikan nama untuk sesuatu (misalnya ber-hala) dengan nama-nama Alloh  .

Seperti nama berhala Latta dari lafadz Alloh atau dari al-Ilah, Manat dari nama Alloh al-Mannan dan berhala ‘Uzza dari nama Alloh   al-‘Aziz.
Syirik mencakup semua bentuk penyerahan salah satu atau seluruh hak-hak khusus atau sifat-sifat Alloh    kepada makhluk. 
Dengan kata lain syirik adalah setiap perkataan dan perbuatan yang menetapkan makhluk setara dengan Alloh   dalam suatu hal yang menjadi kekhususan-Nya dan menjadikan makhluk itu sebagai tandingan Alloh   dalam hal tersebut. 

Syirik juga berarti beribadah kepada selain Alloh   atau beranggapan ada dzat lain yang setara dengan-Nya. Bahkan inilah bentuk perbuatan syirik yang banyak terjadi dan merebak di berbagai tempat! 

Na’udzu billahi min dzalik!

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.