Agama dan Keyakinan Jin


Jin sebagaimana manusia, ada yang Muslim, Nashrani, dan ada pula Yahudi. Ada jin yang taat kepada Alloh   dan ada pula yang berbuat maksiat kepada-Nya.

Alloh   berfirman:
“Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang shaleh dan di antara kami ada (pula) yang tidak demikian. Kami menempuh jalan yang berbeda-beda.” (QS. al-Jin [72]: 11)

Menurut para ahli tafsir, jalan yang berbeda-beda adalah keyakinan dan agama mereka yang berbeda-beda.
Alloh   berfirman:

“Dan sesungguhnya di antara kami ada orang-orang yang muslim dan ada (pula) orang-orang yang menyimpang. Barangsiapa yang taat, maka mereka itu benar-benar telah memilih jalan yang lurus. Adapun orang-orang yang menyimpang, maka mereka menjadi kayu bakar bagi neraka Jahannam.” (QS. al-Jin [72]: 14-15)

Apakah Jin Diberikan Taklif Seperti Manusia?

Ya... Jin pun diberikan taklif (kewajiban syariat) seperti umat manusia pada umumnya. Dalam hal ini, tidak ada perbedaan pendapat dari para ulama
Alloh l berfirman:
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepada-Ku.” (QS. adz-Dzariyat [51]: 56)
Dan perintah ibadah ini adalah bagian dari taklif yang diberikan Alloh l kepada seluruh hamba-Nya, dari kalangan manusia dan juga jin.

BACA JUGA : JENIS JIN DAN SIFATNYA

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.