DETIK-DETIK WAFATNYA KHALIFAH ABU BAKAR ASH SHIDDD



Setelah menderita sakit selama lima belas hari, Abu Bakar   pun wafat pada tanggal 21 Jumadil Akhir 13 H (22 Agustus 634 M). Beliau dimakamkan di samping makam suri teladan dan sahabat tercintanya, Rosululloh  .Demikianlah kisah perjalanan Abu Bakar  , seorang Shiddiq yang telah menghabiskan seluruh umur dan harta-nya untuk membela agama Alloh   menolong Rasul-Nya dan menjayakan agama-Nya. 

Kabar Gembira Bagi ash-Shiddiq  

Alangkah berbahagianya Abu Bakar ash-Shiddiq  , karena ia termasuk salah seorang yang telah dikabarkan Rosululloh   akan masuk surga. Tidak ada kabar gembira yang lebih besar dari surga, hunian abadi orang-orang yang bertakwa lagi penuh dengan gelimang kenikmatan.

Dari Abu Musa al-Asy’ari   dalam sebuah hadits yang cukup panjang, ia berkata, “Sesungguhnya aku akan menjadi penjaga pintu Rosululloh hari ini.”, lalu datanglah Abu Bakar mendorong pintu. Aku berkata: “Siapa ini?”, ia menjawab: “Abu Bakar ash-Shiddiq.”, lalu aku berkata: “Tunggu dulu.”. Kemudian akupun pergi menemui Rosululloh seraya berkata: “Wahai Rosululloh, ini Abu Bakar ash-Shiddiq datang minta izin (untuk masuk)”. Beliau bersabda: “Izinkan ia dan berilah kabar gembira baginya dengan surga!”.  Lalu aku menghampiri Abu Bakar ash-Shiddiq dan berkata: “Masuklah dan Rosululloh memberi kabar gembira bagimu dengan surga.”. Lalu Abu Bakar masuk dan duduk di samping kanan Rosululloh di tepi sumur.” (HR. al-Bukhari dan  Muslim)

BACA JUGA : JASA ABU BAKAR ASH SHIDDIQ KEPADA UMAT SEPENINGGAL RASULULLAH

Dari ‘Ali  , ia berkata, “Rosululloh   telah bersabda, Abu Bakar dan ‘Umar adalah penghulu para penghuni surga dari kalangan orang tua mulai dari orang-orang yang per-tama (al-awwalin) sampai dengan orang-orang yang terakhir (al-akhirin) selain para nabi dan rasul. Janganlah engkau beri tahu mereka berdua – wahai ‘Ali – selama mereka ber-dua masih hidup.” (HR. Ibnu Majah dan at-Tirmidzi, di-shahihkan al-Albani)

Berbahagialah engkau wahai Abu Bakar   dengan derajat yang sangat tinggi di dalam surga kelak.

Dari Abu Sa’id al-Khudri  , ia berkata, “Rosululloh    telah bersabda: “Sesungguhnya penghuni surga pada derajat yang tinggi dilihat oleh mereka yang berada di bawahnya bagaikan bintang bercahaya di sebuah ufuk dari ufuk-ufuk langit dan sesungguhnya Abu Bakar ash-Shiddiq dan ‘Umar termasuk dari mereka dan lebih (tinggi) lagi” (HR. Ibnu Majah, dishahihkan al-Albani)
Semoga Alloh merahmatimu dan menempatkanmu di surga Firdaus yang tertinggi wahai ash-Shiddiq  , dan semoga Alloh   menghimpun kami di akhirat kelak ber-samamu. 
Amin....

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.