HUKUM BAGI ORANG YANG DATANG KE DUKUN / TUKANG SIHIR


Ancaman Bagi Orang yang Mendatangi Tukang Sihir

Dalam ajaran Islam terdapat ancaman sangat keras bagi orang yang mendatangi tukang sihir, yaitu:

1. Siapa saja yang mendatangi tukang sihir (dengan istilah dukun, peramal atau paranormal) dan mempercayainya, maka ia telah kafir dan keluar dari Islam.

Rosululloh   bersabda:
(( مَنْ أَتَى كَاهِنًا أَوْ عَرَّافًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُوْلُ، فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ ))
“Barangsiapa yang mendatangi dukun atau peramal dan mempercayai perkataanya, maka dia telah kufur terhadap apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad.” (HR. Abu Dawud, an-Nasa’i dan Ibnu Majah)

2. Apabila sekedar bertanya kepada tukang sihir tanpa mempercayainya, maka shalatnya selama 40 hari tidak akan diterima.

Rosululloh   bersabda:
(( مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَيئٍ، لَمْ تُقْبَلَ لَهُ صَلاَةً أَرْبَعِيْنَ يَوْمًا ))
“Barangsiapa mendatangi dukun dan menanyakan sesuatu kepadanya, maka tidak akan diterima sholatnya selama empat puluh hari.” (HR. Muslim)

3. Orang yang mendatangi dukun bukanlah termasuk umat Muhammad  . 

Rosululloh   bersabda:
(( لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَطَيَّرَ أَوْ تُطُيِّرَ لَهُ، أَوْ تَكَهَّنَ أَوْ تُكُهِّنَ لَهُ، أَوْ سَحَّرَ أَوْ سُحِّرَ لَهُ ))
“Bukan dari golongan kami orang yang menentukan nasib sial dan untung berdasarkan tanda-tanda benda, burung dan lain-lain, yang bertanya dan menyampaikannya, atau yang bertanya kepada dukun dan mendukuninya, atau yang menyihir dan meminta sihir untuknya.” (HR. al-Bazzar dengan sanad yang baik)

4. Orang yang mempercayai dukun tidak akan masuk surga.

Rosululloh   bersabda:
(( ثَلاَثَةٌ لاَ يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ: مُدْمِنُ خَمْرٍ، وَقَاطِعُ رَحْمٍ، وَمُصَدِّقٌ بِالسِّحْرِ ))
“Ada tiga golongan yang tidak akan masuk surga, yaitu: pencandu khomr, pemutus tali silaturrahmi, dan orang yang mempercayai dukun.” (HR. Ahmad)

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.