JASA ABU BAKAR ASH SHIDDIQ KEPADA UMAT SEPENINGGAL RASULULLAH


Setelah Abu Bakar   dibai’at oleh kaum Mukminin sebagai Khalifah pertama bagi umat ini, beliaulah yang ber-tugas dan bertanggung jawab terhadap seluruh negeri Is-lam dan wilayah kekhalifahannya sepeninggal Rosululloh  . 
Banyak sekali prestasi gemilang yang telah beliau toreh-kan dalam sejarah umat ini. Beliau   tercatat sebagai se-orang khalifah yang bisa dijadikan panutan oleh para pe-megang kekuasaan atau siapapun yang mendapatkan ama-nat untuk mengatur urusan kaum Muslimin. Karena hanya para pemimpin yang mampu berbuat adillah yang akan dapat memasuki surga Alloh   dan akan mendapatkan naungan di saat tidak ada naungan lagi kecuali naungan dari-Nya.
Dari Abu Hurairah  , dari Nabi  , beliau bersabda:

(( سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ فِى ظِلِّهِ يَوْمَ لاَ ظِلَّ إِلاَّ ظِلُّهُ: اْلإِمَامُ الْعَادِلُ... ))
 “Tujuh orang yang akan Alloh naungi dalam naung-an-Nya pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya; pertama, seorang pemimpin yang adil....” (HR. al-Bukhari)

Bahkan para pemimpin yang adil merupakan orang-orang yang tidak akan tertolak doanya.

Dari Abu Hurairah  , dari Nabi  , Beliau bersabda:
(( ثَلاَثَةٌ لاَ يَرُدُّ اللهُ دُعَاءَهُمْ: الذَّاكِرُ اللهَ كَثِيْرًا وَدَعْوَةُ الْمَظْلُوْمِ وَ اْلإِمَامُ الْمُقْسِطُ ))
“Ada tiga orang yang tidak akan Alloh tolak doanya, yaitu: (1) orang yang banyak berdzikir kepada Alloh; (2) doa orang yang terzhalimi; dan (3) seorang pemim-pin yang adil.” (HR. Baihaqi, dihasankan al-Albani)

BACA JUGA : SEJARAH ABU BAKAR ASH SHIDDIQ SEBAGAI KHALIFAH DI MUKA BUMI

Di samping hal itu, kaum Muslimin memang diperintah-kan untuk mengikuti Sunnah para khulafa’ur rasyidin yang salah satu dari mereka adalah Abu Bakar  , sebagaimana yang disabdakan oleh Rosululloh   ketika beliau memberi-kan nasehat kepada para sahabat dengan nasehat yang telah membuat air mata mengucur dan membuat jiwa bergetar:

(( أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ وَإِنْ عَبْدٌ حَبَشِىٌّ، فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ يَرَى اخْتِلاَفًا كَثِيرًا. وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُورِ فَإِنَّهَا ضَلاَلَةٌ. فَمَنْ أَدْرَكَ ذَلِكَ مِنْكُمْ فَعَلَيْهِ بِسُنَّتِى وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الرَّاشِدِينَ الْمَهْدِيِّينَ عَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ ))
“Saya berwasiat kepada kalian agar bertaqwa kepada Alloh, tetap mendengar dan taat walaupun yang me-mimpin kalian adalah seorang budak dari Habasyah; karena sesungguhnya barangsiapa yang hidup di an-tara kalian akan melihat banyak perbedaan. Berhati-hatilah kalian terhadap perkara-perkara yang diada-adakan, karena sesungguhnya ia merupakan kesesat-an. Barangsiapa yang mendapati hal itu dari kalian, maka berpeganglah dengan Sunnahku dan Sunnah khulafa’ur rasyidin yang telah mendapatkan petun-juk, gigitlah ia dengan gigi geraham.” (HR. at-Tirmi-dzi dan ia berkata: hasan shahih)

Di antara kegemilangan paling tinggi yang telah beliau raih dalam masa kepemimpinannya adalah:

1. Instruksinya agar jenazah Rosululloh   diurus hingga selesai dikebumikan.
2. Melanjutkan misi pasukan yang dipimpin Usamah    yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh Rosululloh   sebelum wafat.
3. Kebijakannya dalam menyatukan persepsi seluruh sa-habat untuk memerangi kaum murtad dengan segala persiapannya ke arah itu, kemudian instruksinya untuk memerangi seluruh kelompok yang murtad di wilayah masing-masing.
4. Perintah beliau   agar mengumpulkan al-Qur’an.
Ibnu Katsir   berkata, “Pada tahun 12 H, Abu Bakar ash-Shiddiq memerintahkan Zaid bin Tsabit agar mengum-pulkan al-Qur’an dari berbagai tempat penulisan, baik yang ditulis di kulit-kulit, dedaunan, maupun yang dihafal dalam dada kaum Muslimin. Peristiwa itu terjadi setelah para Qari’ (penghafal al-Qur’an) banyak yang terbunuh dalam peperangan Yamamah, sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Shahih al-Bukhari.”.
Kegemilangan beliau juga nampak dari pernyataan ‘Abdulloh bin Ja’far   yang berkata: “Saat Abu Bakar me-mimpin kami, beliau adalah sebaik-baik Khalifah, orang yang paling kasih sayang terhadap kami dan yang paling lemah lembut kepada kami.”

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.