Jenis Jin dan Sifatnya


Apabila kita cermati ayat-ayat al-Qur’an dan hadits-hadits Rosululloh   yang shahih, maka akan kita dapatkan beberapa sifat dan nama jin yang berbeda-beda, ada yang disebut iblis, setan, ifrit, dan, qorin. Ada juga jin yang mempunyai sayap, berwujud ular dan berbentuk kalajengking. Di antara mereka juga ada yang hidupnya menetap dan ada pula yang berpindah-pindah (nomaden). Untuk menambah keyakinan ini mari kita perhatikan dalil-dalil berikut:

Iblis (makhluk yang telah berputus asa dari rahmat Alloh  ).

Alloh   berfirman:
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: ‘Sujudlah kalian kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia termasuk dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Robb-nya. Apakah kalian akan menjadikan ia (iblis) dan keturunan-keturunannya sebagai penolong selain-Ku, sedang mereka adalah musuh kalian? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Alloh) bagi orang-orang yang zhalim.” (QS. al-Kahfi [18] : 50)

Setan (makhluk yang durhaka baik dari kalangan jin maupun manusia).

Alloh   berfirman:
“Dan demikianlah Kami jadikan musuh bagi setiap nabi, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah untuk menipu (manusia). Jikalau Robb-mu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.” (QS. al-An’am [6]: 112)

Dalam ayat lain Alloh   berfirman:
“Dan (bintang itu diciptakan) sebagai penjaga dari setiap setan yang sangat durhaka.” (QS. ash-Shaffat [37]: 7)

BACA JUGA : Mengimani Adanya Jin

Ifrith.(jin yang kuat dan bersemangat).

Alloh   berfirman:
“Berkata ‘Ifrith dari golongan jin: ‘Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya.” (QS. an-Naml [27] : 39)

Qarin (yang mengiringi manusia).

Alloh   berfirman:
“Barangsiapa yang berpaling dari pengajaran Alloh Yang Maha Pemurah (al-Qur’an), maka Kami akan menjadikan setan sebagai Qorin (teman yang selalu menyertainya).” (QS. az-Zukhruf [43]: 36)

Dan dalam hadits disebutkan bahwa Rosululloh   bersabda:
(( مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ إِلاَّ وَقَدْ وُكِّلَ بِهِ قَرِينُهُ مِنَ الْجِنِّ، وَقَرِينُهُ مِنَ الْمَلاَئِكَةِ )) 
“Tidak ada seorangpun dari kalian, melain disertakan baginya seorang qarin, yaitu dari jin dan malaikat.” (HR. Muslim dan Ahmad)
Dalam hadits juga disebutkan tentang tiga jenis jin. 

Rosululloh   bersabda:
(( الْجِنُّ ثَلاَثَةُ أَصْنَافٍ: صِنْفٌ مَعَهُمْ أَجْنِحَةٌ يَطِيْرُوْنَ فِي الْهَوَاءِ، وَصِنْفُ حَيّاَتٌ وَعَقَارِيْبُ، وَصِنْفٌ يَحِلُّوْنَ وَيَظْغُنُوْنَ ))
“Jin itu ada tiga jenis, yaitu: (1) jin yang memiliki sayap dan terbang di udara; (2) jin yang berwujud ular dan kalajengking; dan (3) jin yang menetap dan berpindah-pindah (nomaden).” (HR. ath-Thabrani, al-Hakim dan al-Baihaqi, dishahihkan al-Albani)


Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.