PENGERTIAN AMAR MA'RUF NAHI MUNKAR


Amar ma’rūf artinya menyuruh atau memerintahkan kepada yang ma’rūf (kebaikan atau kebajikan). Sedangkan nahi munkar artinya mencegah atau melarang dari yang munkar.

Secara bahasa (etimologi), ma’rūf artinya kebajikan atau sesuatu yang sudah dikenal orang banyak dan tidak diingkari. Ia adalah lawan kata dari munkar. Dan secara istilah (terminologi), ma’rūf adalah apa saja yang dikenal dan diperintahkan oleh syariat, serta orang yang melakukannya akan terpuji. 

Sedangkan munkar, secara etimologi artinya perkara-perkara yang tidak dikenal orang serta diingkari oleh mereka. Dan secara terminologi, munkar adalah perkara-perkara yang diingkari dan dilarang oleh syariat, serta dicela orang yang melakukannya. 

Amar ma’rūf dan nahi munkar adalah salah satu pilar agama Islam yang sangat penting. Tegaknya amar ma’rūf nahi dan munkar akan menjamin tegaknya Islam dan baiknya masyarakat. Sebaliknya, diabaikannya amar ma’rūf dan nahi munkar akan menyebabkan maraknya kemunkaran dan datangnya adzab Alloh . Banyak sekali ayat-ayat al-Qur’an yang memerintahkan kita untuk menegakkan perintah yang agung ini. 

BACA JUGA : KIAT YANG HARUS DILAKUKAN SAAT MENDAPAT MUSIBAH BURUK

Di antaranya Alloh   berfirman:
“Dan hendaklah ada di antara kalian segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’rūf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali ‘Imran [3]: 104)

“Telah dilaknat orang-orang kafir dari Bani Israil lewat  lisan Nabi Dawud dan Isa putera Maryam. Hal itu, disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas. Mereka satu sama lain tidak saling melarang tindakan munkar yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka perbuat itu.” (QS. al-Ma’idah [5]: 78-79)

Ayat di atas menjelaskan bahwa penyebab dilaknatnya Bani Israil adalah karena mereka tidak saling mencegah kemunkaran yang terjadi di tengah-tengah mereka. Kita kaum Muslimin wajib mengambil i’tibār (pelajaran) bahwa apa yang menimpa Bani Israil tersebut juga akan menimpa kita apabila kita melakukan seperti yang mereka lakukan, yaitu meninggalkan amar ma’rūf dan nahi munkar. 

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.