WAHAI MUSLIMAH, MARI BER IFFAH (Menjaga kesucian diri)

Renungan tentang ‘Iffah

Saudari-Saudariku Kaum Muslimat....
Berikut beberapa renungan ‘iffah yang sangat layak un-tuk direnungkan secara mendalam dan diimplementasikan dengan sungguh-sungguh:
Alloh   berfirman:

“Dan wanita (Zulaikha) yang Yusuf tinggal di ru-mahnya menggoda Yusuf untuk menundukkan di-rinya (kepadanya) dan ia menutup pintu-pintu, se-raya berkata: “Marilah ke sini.”. Yusuf berkata: “Aku berlindung kepada Alloh, sungguh tuanku telah memperlakukan aku dengan baik.”. Sesungguhnya orang-orang yang zhalim tiada akan beruntung. Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (mela-kukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusufpun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu an-daikata ia tidak melihat tanda (dari) Robbnya. Demi-kianlah, agar Kami memalingkan dari padanya ke-mungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang terpilih. Dan keduanya berlomba-lomba menuju pintu dan wanita itu menarik baju gamis Yusuf dari belakang hingga koyak dan kedua-duanya mendapati suami wanita itu di muka pintu. Wanita itu berkata: “Apakah pem-balasan terhadap orang yang bermaksud berbuat serong dengan isterimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan adzab yang pedih?” (QS. Yusuf [10]: 23-25)

Rosululloh   bersabda:
(( أَرْبَعٌ إِذَا كُنَّ فِيكَ فَلاَ عَلَيْكَ مَا فَاتَكَ مِنْ الدُّنْيَا: حِفْظُ أَمَانَةٍ، وَصِدْقُ حَدِيثٍ، وَحُسْنُ خَلِيقَةٍ، وَعِفَّةٌ فِي طُهْرٍ )) وفي رواية: (( وَعِفَّةٌ فِي طُعْمَةٍ ))
“Ada empat karakter, bila ada padamu, maka eng-kau tidak akan pernah menyesali hal duniawi yang luput darimu, yaitu: (1) menjaga amanah; (2) benar dalam berbicara; (3) berakhlak mulia; dan (4) ‘iffah dalam kesucian (riwayat lain: dalam makanan).” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, al-Baihaqi dan lainnya)

“Barangsiapa yang dapat memberikan jaminan ke-padaku dari hal yang ada di kedua rahangnya (yaitu lisan) dan kedua kakinya (yaitu kemaluan), maka aku menjamin surga baginya.” (HR. al-Bukhari)
Semoga Alloh   senantiasa memberikan petunjuk dan hidayah-Nya kepada seluruh Muslimah untuk menggapai jalan ‘iffah mereka dan memudahkan langkah mereka untuk istiqāmah dalam merealisasikannya.

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.