YANG HARUS ANDA LAKUKAN AGAR SELAMAT DARI TIPUDAYA SETAN ?


Ada beberapa  kiat yang dengannya insya Alloh   kita akan selamat dari tipu daya setan. Kiat-kiat tersebut adalah:

1. Menuntut ilmu syar’i atau belajar tentang agama.

Karena orang yang jauh dari ilmu agama, berarti akan semakin jauh dari Alloh   dan ia tidak mengetahui apa yang diperintahkan Alloh   kepadanya dan apa pula yang dilarang-Nya, sehingga ia mudah dipermainkan oleh setan.
Alloh   befirman:

“Sesungguhnya kekuasaannya (setan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Alloh”. (QS. an-Nahl [16]: 100)2. Menjaga shalat berjama’ah. 
Orang yang tidak menjaga shalat berjama’ah, maka ia akan mudah sekali dikuasai setan.

Rosululloh   bersabda:
(( مَا مِنْ ثَلاَثَةٍ فِى قَرْيَةٍ وَلاَ بَدْوٍ لاَ تُقَامُ فِيهِمُ الصَّلاَةُ، إِلاَّ قَدِ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الشَّيْطَانُ، فَعَلَيْكَ بِالْجَمَاعَةِ فَإِنَّمَا يَأْكُلُ الذِّئْبُ الْقَاصِيَةَ )) 
“Tidaklah ada tiga orang di suatu desa atau suatu kampung yang tidak didirikan di situ shalat berjama’ah, melainkan setan akan menguasai mereka. Oleh karena itu, hendaklah engkau mendirikan sholat berjama’ah, karena serigala hanya akan memangsa seekor kambing yang menyendiri.” (HR. Abu Dawud, an-Nasa’i dan Ahmad)

3. Memperbanyak dzikir.

Karena orang yang lisannya selalu basah dengan dzikir kepada Alloh  , maka setan akan menghindar darinya. 
Bahkan ada beberapa dzikir khusus untuk menangkal setan, di antaranya:
a. al-Isti’adzah.
Yaitu mengucapkan (أَعُوْذُ بِااللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمَ  ).
Alloh   berfirman:

“ Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Alloh. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (QS. Fushshilat [41]: 36)b. Membaca ayat kursi sebelum tidur, karena setan tidak akan berani untuk mendekatinya.

c. Membaca surat al-Baqarah di rumah.
Rosululloh   bersabda: 
(( إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِى تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ ))
“Sesungguhnya setan akan kabur dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Bukhari)

d. Membaca (seratus kali): 
( لاَ إِلهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيئٍ قَدِيْرٌ )
Rosululloh   bersabda: 
“Barangsiapa yang membaca dzikir di atas sebanyak seratus kali dalam sehari, maka ia akan mendapatkan penjagaan dari setan hingga sore hari.”  (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Kesimpulannya, semua bentuk dzikir yang disyari’atkan dapat menghindarkan diri dari godaan setan, dan dzikir yang paling afdhal (utama) adalah membaca al-Qur’an.

BACA JUGA : APA SAJA KEJAHATAN YANG TELAH DI LAKUKAN SETAN ?

4. Ikhlash dalam beribadah.

Karena hanya hamba Alloh   yang ikhlashlah yang dapat selamat dari tipu daya setan. 
Alloh   berfirman:

“Iblis menjawab: ‘Demi kekuasaan-Mu, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka.” (QS. Shad [38]: 82-83)5. Berteman dengan orang yang sholih dan menjauhi teman yang buruk akhlaknya. 
Sebab teman yang buruk akan selalu mengajaknya kepada perbuatan dosa dan maksiat. Sedangkan tabiat seseorang adalah tergantung kepada temannya. Sebaliknya, bila ia selalu bergaul dengan teman yang shaleh dan duduk dengan para ulama, maka setan semakin sulit untuk menggodanya.

6. Tidak berlebih-lebihan dalam makan dan minum.

Karena setan berjalan pada manusia di dalam aliran darahnya. Bila semakin banyak ia makan, maka setan semakin mudah membawanya kepada syahwat yang lain. Karena berlebih-lebihan dalam hal makanan dan minuman pun termasuk sifat-sifat setan.
Alloh   berfirman:

“ Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kalian menghambur-hamburkan (harta kalian) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.” (QS. al-Isra’ [17]: 26-27)
7. Menjaga pandangan mata dari yang haram.
Seperti memandang wanita yang bukan mahramnya, baik yang ada di jalan-jalan ataupun di layar televisi atau  yang terpampang di majalah-majalah. Pandangan yang haram adalah salah satu perangakap setan yang berbahaya.
Rosululloh   bersabda:

(( إِنَّ النَّظْرَةَ سَهْمٌ مِنْ سِهَامِ إِبْلِيْسَ مَسْمُوْمٌ، مَنْ تَرَكَهَا مَخَافَتِيْ أَبْدَلْتُهُ إِيْمَانًا يَجِدُ حَلاَوَتَهُ فِي قَلْبِهِ )) 
“Pandangan adalah salah satu panah beracun iblis, maka barangsiapa yang menundukkan pandangannya karena Alloh, maka Alloh akan memberikan kepadanya kemanisan (iman) dalam hatinya.” (HR. ath-Thabrani)
Demikianlah beberapa kiat agar kita selamat dari kejahatan dan tipu dayanya. Semoga Alloh   melindungi kita semua dari godaan, tipu daya, dan makar setan beserta bala tentaranya.

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.