BACAAN DOA SEBELUM TIDUR SESUAI AJARAN NABI


TATA CARA TIDUR RASULULLAH

  1. Menghimpun kedua telapak tangan dengan posisi tengadah, dan meniupnya sambil membaca surat al-Ikhlash, al-Falaq dan an-Nas. 
  2. Kemudian mengusapkannya ke bagian tubuh yang dapat dijangkau dengan tangannya, mulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan, dilakukan 3X. (HR. al-Bukhari dan Muslim) 
  3. Membaca ayat Kursi (QS. al-Baqarah [2]: 255). (HR. al-Bukhari) 
  4. Membaca 2 ayat terakhir (QS al-Baqarah [2]: 285-286). (HR. al-Bukhari dan Muslim) 
  5. Membaca doa lain, seperti:

(( بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ ))
“Dengan nama-Mu, wahai Robbku, aku merebahkan lambungku. Dan dengan nama-Mu pula aku membangunkannya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, bila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shaleh.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

(( اَللَّهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ )) 
“Ya Alloh, jauhkanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu.” (Dibaca 3X) (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi) 

(( بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا ))
“Dengan nama-Mu, ya Alloh, aku mati dan hidup.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA : BACAAN SHALAT LENGKAP SESUAI SUNNAH RASUL BESERTA TERJEMAHNYA

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.