BACAAN ZIKIR SETELAH SHALAT LENGKAP BESERTA ARTINYA

DZIKIR SESUDAH SALAM
(BA’DA SHALAT)

(( أَسْتَغْفِرُ اللهَ )) (ثلاثا) (( اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلاَمُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الْجَلاَلِ وَاْلإِكْرَامِ ))
“Aku minta ampun kepada Alloh.” (Dibaca 3 X) Kemudian membaca: “Ya Alloh, Engkau-lah Pemberi keselamatan, dan dari-Mu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Dzat Yang Memiliki keagungan dan kemuliaan.” (HR. Muslim)

(( لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ ))
“Tiada ilah yang berhak disembah selain Alloh Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya pujian dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Alloh, tidak ada yang sanggup mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang mampu memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalehnya). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan.” (HR. al-Bukhari dan Muslim) 

(( لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ ))
“Tiada ilah (yang berhak disembah) kecuali Alloh, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Dia Maha kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Alloh. Tiada ilah (yang berhak disembah) kecuali Alloh. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya. Bagi-Nya nikmat, anugrah dan pujian yang baik. Tiada ilah (yang berhak disembah) kecuali Alloh, dengan memurnikan ibadah kepada-Nya, sekalipun orang-orang kafir sangat membencinya.” (HR. Muslim)

(( سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَاللهُ أَكْبَرُ )) (33 ×) (( لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ ))
“Maha Suci Alloh, segala puji bagi Alloh. Dan Alloh Maha Besar.” (Dibaca 33 X). “Tidak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Alloh Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Dia-lah Yang Maha kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Muslim)  

Membaca surat al-Ikhlash, al-Falaq dan an-Nas. (HR. Abu Dawud, an-Nasa’i dan at-Tirmidzi)

Membaca ayat Kursi. (HR. an-Nasa’i dan Ibnu as-Sunni)   
(( لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ ))
“Ti dak ada ilah (yang berhak disembah) kecuali Alloh Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah yang menghidupkan (orang yang sudah mati atau memberi roh janin yang akan dilahirkan) dan yang mematikan. Dia-lah Yang Maha kuasa atas segala sesuatu.” (Dibaca 10 X sesudah shalat Maghrib dan Shubuh) (HR. at-Tirmidzi dan Ahmad) 

BACA JUGA : DOA DZIKIR PAGI DAN PETANG SESUAI SUNNAH

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.