HAL YANG MENGHALANGI TERKABULNYA DOA



Wahai hamba Alloh  , jika Anda telah mengetahui semua faidah yang berkaitan dengan kedudukan doa, pengaruh-pengaruhnya terhadap orang yang berdoa dan terhadap apa yang didoakan, maka bersungguh-sungguhlah untuk berdoa, manfaatkanlah sebaik-baiknya seluruh umur anda untuk berdoa. Berbahagialah orang yang seperti itu.
Kemudian, jauhilah hal-hal yang memperlambat dan menghalangi terkabulnya doa, di antaranya:

1. Lemahnya doa, karena terdapat unsur pelanggaran di dalamnya.
2. Lemahnya orang yang berdoa, dikarenakan hatinya lemah pada saat menghadap kepada Alloh  .
3. Ada yang menjadi penghalang terkabulnya doa tersebut, karena pemohon terjerumus ke dalam hal-hal yang diharamkan oleh Alloh  . 
Seperti ada sesuatu yang haram pada makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, dan tempat kerja, memasuki pekerjaan yang diharamkan, atau menyewakan tempat kepada penjual barang-barang haram. 
Juga, seperti melekatnya kotoran maksiat pada hati, berbuat bid’ah dalam agama, dan kelalaian yang menguasai hati.
Ada sebuah hadits dari Nabi   bahwasanya beliau bersabda:
(( لاَ يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلا الدُّعَاءُ، وَلا يَزِيدُ فِي الْعُمُرِ إِلا الْبِرُّ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِالذَّنْبِ يُصِيبُهُ ))
“Tidak ada yang bisa menolak takdir kecuali doa, dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali perbuatan baik. Sesungguhnya seseorang boleh jadi terhalang rizkinya karena dosa yang diperbuatnya.” (HR. Ibnu Majah, al-Hakim dan ath-Thabrani)
4. Di antara hal-hal yang memperlambat terkabulnya doa adalah tergesa-gesa ingin dikabulkan, serta kecewa ketika doanya belum juga dikabulkan lalu tidak berdoa.

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.