SEBAB TERKABULNYA DOA



Di antara kesempurnaan dan keagungan nikmat Alloh   yang diberikan kepada hamba-hamba-Nya adalah janji Alloh   -dan janji-Nya pasti benar- bahwa tidaklah seseorang berdoa kepada-Nya melainkan pasti Dia akan mengabulkannya. 
Alloh   berfirman:

“Dan Robbmu berfirman: berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam Keadaan hina dina.” (QS. al-Mu’min [40]: 60)
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku.” (QS. al-Baqarah [2]: 186)Doa seorang Mukmin itu tidak akan ditolak, dan yang paling baik adalah pilihan Alloh   bagi seorang hamba-Nya,  apakah doanya dikabulkan dengan segera, atau Alloh   menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik baginya di dunia ataupun di akhirat nanti, seperti menghindarkan keburukan darinya, atau Alloh   akan menabungkan baginya di akhirat hal yang lebih baik dari apa yang ia minta.

Oleh karena itu, wajib bagi seorang pemohon untuk melakukan sebab-sebab terkabulnya doa, baik yang tidak tampak maupun yang tampak.
Adapun sebab-sebab yang tidak tampak adalah bertaubat terlebih dahulu (sebelum berdoa), taubat yang membersihkan dosa, mengembalikan hak-hak orang lain (jika ada padanya), mengkonsumsi makanan, minuman dan berpakaian dari yang halal, juga tempat tinggal dan kendaraan dari hasil usaha yang halal, menjauhi hal-hal yang diharamkan dan syubhat, menghadirkan hati saat berdoa, yakin kepada Alloh   serta kuatnya pengharapan dan ketergantungan hati kepada-Nya, rasa takut dan tunduk, mengetuk jiwa dengan suatu ancaman Alloh  , menyerahkan segala perkara kepada-Nya, dan memutus pengharapan kepada selain-Nya, seperti yang dilakukan oleh seorang beriman dari keluarga Fir’aun yang tersebut dalam surat al-Mu’min [40]: 44, serta dengan menjauhi sifat putus asa dari terkabulnya doa.

Sedangkan sebab yang tampak, adalah melakukan amal shaleh seperti sedekah terlebih dahulu, berwudhu, shalat, mengangkat kedua tangan (saat berdoa), dan berdoa pada waktu-waktu yang mustajāb sebagaimana dijelaskan oleh dalil-dalil, yaitu di dalam waktu yang mulia, kondisi yang baik dan tempat-tempat yang mulia.

Tentang mengangkat kedua tangan ketika berdoa, Rosululloh   bersabda:
(( إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ، يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا ))
“Sesungguhnya Robb kalian Maha Pemalu lagi Maha Pemurah, Dia merasa malu kepada hamba-Nya jika hamba tersebut berdoa dengan mengangkat kedua tangannya kepada-Nya lalu Dia menolak kedua tangan itu dalam keadaan hampa.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi dan al-Baihaqi, dishahihkan al-Albani)
Adapun waktu-waktu yang mulia seperti waktu yang terdapat dalam setahun sekali, seperti pada hari Arafah, pada waktu berada di tempat-tempat Masy’aril Haram (Muzdalifah, Mina) bagi orang yang sedang menunaikan ibadah haji dan pada malam lailatul qadar.

Pada bulan-bulan tertentu yaitu: bulan Ramadhan, terutama pada sepuluh hari terakhirnya.
Pada tiap mingguan, yaitu hari Jum’at mulai dari semenjak duduknya imam di atas mimbar sampai berakhirnya shalat Jum’at.

Pada saat-saat tertentu, yaitu pada waktu sahur, atau sepertiga malam yang terakhir, dan satu waktu pada hari Jum’at. Dikatakan: waktu ini adalah saat terakhir setelah ‘Ashar sebelum maghrib.
Adapun tempat-tempat yang mulia adalah Makkah dan di tempat-tempat suci ibadah haji bagi mereka yang sedang menunaikan ibadah haji.

Sedangkan kondisi-kondisi yang bagus untuk berdoa, adalah doa ketika barisan tentara mujahidin yang berjihad fi sabilillah maju menyerang, ketika turun hujan, sehabis wudhu, ketika adzan dan waktu antara adzan dan iqamat, doa ketika mendirikan shalat fardhu, pada waktu sujud, karena sedekat-dekat seorang hamba dengan Robbnya adalah ketika ia sujud, doa di akhir shalat fardhu, pada waktu berpuasa hingga berbuka, serta pada waktu berbuka puasa, doa orang yang beribadah haji hingga ia selesai dari hajinya, doa orang yang terzhalimi, doa pemimpin yang adil, doa orang tua, doa setelah membaca al-Qur’an dan setelah mengkhatamkannya, sebagaimana terdapat dalam atsar yang diriwayatkan oleh Mujahid dan lainnya, doa pada majlis-majlis dzikir dan pada forum perkumpulan kaum Muslimin, doa ketika seseorang terbangun di malam hari (karena  terganggu tidurnya) lalu membaca: Lā ilāha illallah wahdahu lā syarīka lah...(dst) lalu istighfar dan berdoa, juga pada saat terdengar bunyi ayam jantan berkokok, doa pada saat menjenguk orang sakit atau orang yang meninggal dunia, doa seorang Muslim kepada saudara sesama Muslim tanpa sepengetahuan yang didoakannya, doanya orang yang sedang bepergian, doanya orang yang dalam kondisi terdesak (kepepet), dan ini dinamakan dengan du’ā al-hāl (doa karena suatu keadaan), serta doanya orang yang berdzikir kepada Alloh   menjelang tidur hingga dia tertidur. Dan berdasarkan riwayat, termasuk pula doa ketika melihat Ka’bah.
Berikut ini beberapa dalil tentang hal-hal di atas,

Rosululloh   bersabda:
(( أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ ))
“Saat terdekat antara seorang hamba dengan Robbnya adalah saat ia bersujud, maka perbanyaklah doa (di dalam sujud).” (HR. Muslim)
(( الدُّعَاءُ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ اْلآذَانِ وَاْلإِقَامَةِ ))
“Doa tidak tertolak (jika dipanjatkan) antara adzan dan iqamah.” (HR. at-Tirmidzi, dishahihkan al-Albani)

Dari Abu Hurairah   bahwa Rosululloh   bersabda: 
“Robb kita turun pada setiap malam ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam yang terakhir. Dia berfirman, ‘Siapa yang mau berdoa kepada-Ku pasti Aku kabulkan. Siapa yang mau memohon kepada-Ku pasti Aku beri. Siapa yang mau beristighfar kepada-Ku pasti Aku ampuni’.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)
Rosululloh   juga bersabda:
(( مَنْ تَعَارَّ مِنَ اللَّيْلِ فَقَالَ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ، وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ. الْحَمْدُ لِلَّهِ، وَسُبْحَانَ اللَّهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ. ثُمَّ قَالَ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى. أَوْ دَعَا اسْتُجِيبَ، فَإِنْ تَوَضَّأَ وَصَلَّى قُبِلَتْ صَلاَتُهُ ))
“Barangsiapa yang terbangun di malam hari (karena  terganggu tidurnya) lalu membaca, ‘Tiada ilah (yang berhak disembah) melainkan Alloh yang Esa tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kerajaan, milik-Nya segala pujian, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Alloh, Maha Suci Alloh, tiada sesembahan (yang berhak disembah) melainkan Alloh, Alloh Maha Besar, dan tiada daya dan kekuatan melainkan dari Alloh.’ Kemudian membaca, ‘Ya Alloh, ampunilah aku’, atau berdoa, niscaya akan dikabulkan doanya. Jika ia berwudhu dan shalat niscaya shalatnya diterima.” (HR. al-Bukhari dan Tirmidzi)

“Ada dua (doa) yang tidak akan ditolak atau kemungkinan kecil ditolak, yaitu: (1) doa ketika dikumandangkan adzan; dan (2) doa dalam kesulitan, yaitu ketika dua pasukan telah saling menyerang.” (HR. Abu Dawud)

(( إِنَّ فِى الْجُمُعَةِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ قَائِمٌ يُصَلِّى يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْراً إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ إِيَّاهُ ...))
“Sesungguhnya pada hari Jum’at ada satu waktu, tidak ada seorang hamba Muslim pun yang bertepatan dengan saat itu ia berdiri shalat seraya memohon sesuatu kepada Alloh, melainkan Alloh akan memberikannya kepadanya. (Waktu itu adalah setelah ‘Ashar.)” (HR. Ahmad)

(( إِذَا سَمِعْتُمْ صِيَاحَ الدِّيَكَةِ فَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ، فَإِنَّهَا رَأَتْ مَلَكًا، وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا ))
“Jika kalian mendengar kokok ayam jantan, maka mintalah kepada Alloh dari karunia-Nya, karena ayam jantan itu tengah melihat malaikat. Dan jika kalian mendengar ringkikan keledai, berlindunglah kepada Alloh dari godaan setan, karena keledai itu tengah melihat setan!” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA : MANFAAT BERDOA YANG TIDAK BANYAK DI KETAHUI ORANGH LAIN


Dari ‘Aisyah   bahwa ia pernah bertanya, “Wahai Rosululloh, bagaimana pendapatmu jika aku tahu suatu malam adalah lailatul qodar, apa yang harus saya baca di malam itu?”. Beliau menjawab, “Bacalah:
(( اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى ))
“Ya Alloh, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Pemurah, Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)
Dari Abu Umamah al-Bahili   ia berkata, “Seseorang pernah bertanya, ‘Wahai Rosululloh, doa yang bagaimana yang paling dikabulkan?’. Beliau menjawab, ‘(Doa) di pertengahan malam yang terakhir dan di setiap akhir shalat fardhu’.” (HR. at-Tirmidzi, dihasankan al-Albani

Akhirnya, berdoa itu hendaklah dengan doa-doa yang telah dikabarkan oleh Nabi   sebagi doa yang yakin akan dikabulkan serta dengan bertawassul dengan menyebut nama Alloh Yang Agung, sebagaimana tersebut di dalam dua hadits yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Ahmad dan at-Tirmidzi. 

Pertama, hadits riwayat ‘Abdullah bin Buraidah   dari bapaknya, ia berkata, Nabi   pernah mendengar seseorang sedang berdoa dan ia mengucapkan:
(( اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِأَنِّى أَشْهَدُ أَنَّكَ أَنْتَ اللَّهُ الَّذِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، الأَحَدُ الصَّمَدُ الَّذِى لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُواً أَحَدٌ ))
 “Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan bersaksi bahwasanya Engkaulah yang tiada ilah yang berhak disembah selain Engkau, Yang Maha Esa, yang bergantung kepada-Nya segala urusan yang tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.” 

Lalu beliau   bersabda:
(( وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ، لَقَدْ سَأَلَ اللَّهَ بِاسْمِهِ الأَعْظَمِ الَّذِى إِذَا دُعِىَ بِهِ أَجَابَ وَإِذَا سُئِلَ بِهِ أَعْطَى ))
“Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh ia telah meminta kepada Alloh   dengan menyebut nama-Nya Yang teragung, yang jika Dia dimohon dengannya niscaya Dia akan memperkenankan, dan jika Dia dimintai dengannya niscaya Dia akan memberi.” (HR. Ibnu Hibban, Ahmad dan at-Tirmidzi)

Kedua, hadits yang bersumber dari riwayat Anas bin Malik  , bahwa Rosululloh   pernah mendengar seseorang sedang berdoa:
(( اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ بِأَنَّ لَكَ الْحَمْدَ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ الْمَنَّانُ بَدِيعُ السَّمَوَاتِ وَالأَرْضِ، ذُوْ الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ يَا حَىُّ يَا قَيُّومُ ))
 “Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan menyebut bahwa hanya bagi-Mu-lah segala pujian, tidak ada ilah yang berhak disembah selain Engkau Yang Maha Memberi, Pencipta langit dan bumi, Pemilik keagungan dan kemuliaan, wahai Dzat Yang Mahahidup lagi Maha Terjaga.”

Lalu beliau   bersabda: 
(( لَقَدْ سَأَلَ اللهَ بِاسْمِهِ اْلأَعظَمِ ))
“Sungguh ia telah meminta kepada Alloh dengan menyebut nama-Nya Yang teragung.” (HR. Abu Dawud, an-Nasa’i, at-Tirmidzi dan Ahmad)
Juga, sebuah lafazh yang telah diajarkan Rosululloh   dalam sebuah haditsnya:

“Doa Dzun Nun (Nabi Yunus  ) yang dibacanya saat berada di dalam perut ikan paus adalah;
‘Tiada ilah (yang berhak disembah) melainkan Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim.” Sungguh, tidak ada seorang Muslim pun yang berdoa dengannya untuk (memohon) sesuatu, melainkan pasti Alloh mengabulkannya.” (HR. at-Tirmidzi, Ahmad dan al-Hakim)

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.