CONTOH PENDAHULUAN MAKALAH SEJARAH

PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang

Benua Amerika adalah benua yang terhitung baru ditemukan oleh para pelaut. Yakni sekitar abad ke-8 M. banyak sekali versi mengenai penemu pertama benua ini. Pada awalnya sejarah menyebutkan bahwa Christopher Columbus-lah penemu benua ini. Christopher Columbus menyebut Amerika sebagai 'The New World' ketika pertama kali menginjakkan kakinya di benua itu pada 21 Oktober 1492. Namun, bagi umat Islam di era keemasan, Amerika bukanlah sebuah 'Dunia Baru'. Sebab, 603 tahun sebelum penjelajah Spanyol itu menemukan benua itu, para penjelajah Muslim dari Afrika Barat telah membangun peradaban di Amerika.[1]
Klaim sejarah Barat yang menyatakan Columbus sebagai penemu benua Amerika akhirnya terpatahkan. Sederet sejarawan menemukan fakta bahwa para penjelajah Muslim telah menginjakkan kaki dan menyebarkan Islam di benua itu lebih dari setengah milenium sebelum Columbus. Secara historis umat Islam telah memberi kontribusi dalam ilmu pengetahuan, seni, serta kemanusiaan di benua Amerika.
            Dan sampai sekarang Islam di Amerika, lebih khususnya di Amerika serikat terus meningkat. Islam adalah salah satu agama yang berkembang paling cepat di AS. bahkan, sesuai prakiraan yang dimuat dalam lembar fakta Departemen Luar Negeri AS, jumlah penduduk Muslim AS diperkirakan akan melampui jumlah kaum Yahudi, dan menjadikan Islam agama terbesar nomor dua di negara itu setelah agama Kristen.
Masyarakat Muslim Amerika merupakan sebuah mosaik kebudayaan, para anggotanya berasal dari kelima benua. Sesungguhnya, menurut sebuah penelitian baru-baru ini, kebanyakan kaum Muslim adalah imigran – 77,6 persen berbanding 22,4 persen yang lahir di AS. Penelitian itu juga menunjukkan asal-usul masyarakat Muslim sebagai berikut: 26,2 persen dari Timur Tengah (Arab); 24,7 persen dari Asia Selatan; 23,8 persen Amerika keturunan Afrika; 11,6 persen lain-lain; 10,3 persen Timur Tengah (non-Arab); dan 6,4 persen Asia Timur.[2]
Namun amat disayangkan, para ahli menyatakan bahwa banyak orang tidak tahu bahwa umat Islam selalu bagian dari pembentukan Amerika.
"Kebanyakan orang Amerika tidak menganggap Muslim sebagai bagian dari masa lalu mereka," sesal Dr Edward E. Curtis, Profesor Studi Agama dan Studi Amerika di Indiana University Purdue University Indianapolis.  
Dia mengatakan keunggulan Muslim generasi pertama dalam kehidupan masyarakat, kemudian posisi umat Islam sebagai "musuh" setelah peristiwa 9 / 11 di Amerika.[3]
Dari fakta-fakta sejarah tersebut dapat kita simpulkan bahwa ternyata kekuatan dakwah Islam itu sangatlah kuat pada masa itu. Bahkan telah ditemukan komunitas muslim yang cukup banyak. Sudah barang tentu hal ini semua sangat berkaitan dengan perkembangan pendidikan di Amerika Serikat sendiri. Maka, merupakan sebuah hal yang sangat menarik untuk dikaji lebih mendalam mengenai perkembangan pendidikan Islam tersebut. Dan berikut akan kami paparkan mengenai perkembangan pendidikan Islam di Negara adidaya ini.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah masuknya Islam di Benua Amerika khususnya di Amerika Serikat?
2.      Bagaimana perkembangan pendidikan Islam di Amerika Serikat?

C.     Tujuan
1.      Mengetahui bagaimana sejarah masuknya Islam di Benua Amerika khususnya di Amerika Serikat?
2.      Mengetahui bagaimana perkembangan pendidikan Islam di Amerika Serikat?

D.    Metode
Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah studi pustaka, yaitu dengan mencari data dari  situs internet, makalah, dan sumber lainnya.

3 komentar:

  1. KAGET KA!! TIBATIBA ADA SUARA TERNYATA DARI VIDEO YOUTUBE!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha ,, maafkan aku,
      nanti deh ya aku benerin dulu situsnya hhh

      Hapus
  2. kak gimana cara bikin makalah kata temen aku,makalah sama dengan sejarah

    BalasHapus

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.