SILABUS PERKULIAHAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN TEKNONOGI PENDIDIKAN


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL HIDAYAH BOGOR

1.      Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah            : Media Pembelajaran & Teknologi Pendidikan
Komponen                         : Mata Kuliah Keahlian
Fakultas/Jurusan                : Tarbiyah
Program Studi                   : Pendidikan Agama Islam
Program                             : Strata Satu (S-1)
Bobot                                : 3 SKS
Dosen                                : Unang Wahidin, S.Pd., M.Pd.I

2.      Tujuan
      Memberikan pemahaman tentang cara-cara mengklasifikasikan azas-azas, konsep-konsep, dan teori-teori media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

3.      Model Perkuliahan
Pendekatan           : Deduktif dan pemecahan masalah
Metode                  : Ceramah, Curah Pendapat, Eksplorasi, Presentasi, dan Diskusi
Media                    : Visual dan Multi Media
Kehadiran             : Minimal 75 % tatap muka/kehadiran di kelas

4.      Evaluasi
Tugas         : 30 %
Kehadiran : 30 %
UTS           : 20 %
UAS          : 20 %

5.      Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
PERTEMUAN
TOPIK INTI
Pertama
Silabus & Media Pembelajaran dalam proses belajar mengajar
Kedua
Arti, fungsi, dan nilai media pengajaran
Ketiga
Perkembangan media pengajaran dan macam-macam pola media pengajaran dalam proses belajar mengajar
Keempat
Karakteristik media pengajaran jenis Media Visual (mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
1.  Bagan/Chart,    2. Diagram,     3. Grafik,     4. Poster,      5. Kartun,                        
Kelima
Karakteristik media pengajaran jenis Media Visual (mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
6. Komik,    7. Peta,     8. Globe,      9. Papan Tulis,       10. Papan Flanel,
Keenam
Karakteristik media pengajaran jenis Media Audio (mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
11. Radio,        12. Tape Recorder,          13. Laboratorium Bahasa,
Ketujuh
Karakteristik media pengajaran jenis Media Proyeksi (mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
14. Over Head Proyektor (OHP),  15.Proyektor LCD,   16. Film,
Kedelapan
UTS
Kesembilan
Karakteristik media pengajaran jenis Media Tiga Dimensi dan Multi Media (mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
17. Torso,   18. Diorama,     19. Televisi (TV),  20. Papan Magnetik
Kesepuluh
Karakteristik media pengajaran jenis Media Berbasis Komputer (mahasiswa membuat makalah untuk dipresentasikan). Bahasannya:
21. Komputer,  22. Internet,  23.Balok Susun       24. Prototipe/Maket
Kesebelas
25. Multimedia
Keduabelas
26. Studi masyarakat sebagai media pengajaran
Ketigabelas
Dasar pertimbangan pemilihan media pengajaran
Keempatbelas
Pengembangan dan Evaluasi media pengajaran
Kelimabelas

Keempatbelas
UAS




6.      Daftar Pustaka

NO
JUDUL
PENGARANG
PENERBIT
1
Media Pengajaran
Prof. DR. Nana Sudjana
Sinar Baru Algensindo
2
Optimalisasi Media Pembelajaran
R. Angkowo
A. Kosasih
Grasindo
3
Media Pembelajaran
Prof. Dr. Azhar Arsyad, M.A.
Rajawali Pers
4
Media Pendidikan
Dr. Arief S. Sadiman, M.Sc
Dan Tim
Rajawali Pers
5
Media Pembelajaran
Hujair A.H. Sanaky
Kaukaba
6
Media Pembelajaran (Manual dan Digital)
Cecep Kuswandi, M.Pd
Drs. Bambang Sutjipto, M.Pd
Ghalia Indonesia


2 komentar:

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.