MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANNEL

MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN FLANNEL

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang
Media pendidikan merupakan komponen penting dalam suatu proses pembelajaran. Suatu proses pembelajaran akan lebih mengena apabila menggunakan media pembelajaran, pesan yang sebelumnya bias ditafsirkan oleh peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran ini akan lebih mudah diterima oleh peserta didik dan cenderung tidak bias pengertiannya. Media belajar merupakan sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan pembelajar sehingga mendorong kegiatan belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan aktif. Menggunakan pemilihan media dan tekhnik yang baik akan menjadikan konsentrasi peserta didik akan lebih baik dibanding dengan tidak menggunakan media.

Media pembelajaran mempunyai kontribusi dan peran yang cukup signifikan dalam proses belajar mengajar, oleh karenanya guru diharapkan mampu menggunakan dan memanfaatkan media secara maksimal. Di dalam makalah ini akan dijelaskan salah satu dari jenis media grafis yaitu media papan flannel.

B. Rumusan Masalah

Dalam makalah ini akan dirumuskan beberapa permasalahan, diantaranya:
a. Apakah Pengertian, tujuan, serta kekurangan dan kelebihan media pendidikan dari papan flannel.

c. Tujuan Penulisan
Agar mengetahui makna dari media pendidikan papan flannel, tujuan serta kekurang dan kelebihan dari media tersebut.


BAB II
PEMBAHASAN

A. PengertianPapan flannel
Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang, dilipat dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali[1].Papan flanel adalah media grafis yang efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentukepadasasarantertentu pula. Papan berlapis kain flanel ini dapat dilipat sehingga praktis. Gambar-gambar yang akan disajikan dapat dipasang dan dicopot dengan mudah sehingga dapat dipakai berkali-kali.[2]

Papan flannel termasuksalahsatu media pembelajaranduadimensi, yang dibuatdarikain flannel yang ditempelkanpadasebuahtriplekataupapanataugabus.Kemudianmembuatguntingan-guntingan flannel ataukertasrempelas yang di letakkan di bagianbelakanggambar.[3]
Agar guru dapatmemanfaatkan media papan flannel denganefektif, perlumemahamitujuan, kelebihandankelemahan, teknikpembuatansertapenggunaannya.

B.  Tujuan media pendidikanpapan flannel
a) Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep, memberi pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya. 
b) Membantu pengajar untuk menerangkan bahan pelajaran.
c) Mempermudah pemahaman pembelajar tentang bahan pelajaran.
d) Agar bahan pelajaran lebih menarik.

C.  Kelebihan dan kekurangan media pendidikan papan Fannel
1.Kelebihan menggunakan papan flannel:
a.Gambar-gambar dengan mudah ditempelkan
b. Efisiensi waktu dan tenaga
c. Menarik perhatian peserta didik
d. Memudahkan guru menjelaskan materi pelajaran
e. Dapat digunakan berulang kali
2. Kekurangan menggunakan papan flannel:
a. Memerlukan waktu lama untuk mempersiapkan materi
b. Memerlukan biaya yang mahal untuk mempersiapkannya
c. Sukar menampilkan pada jarak yang jauh
d. Flannel/laken mempunyai daya rekat yang kurang kuat

D.    Bahan-bahan dan cara pembuatan:
1.      Bahan-bahan:
a. Kain flannel/kertas rempelas/laken
b. Papan atau triplek
c. Lem
d. Gunting
e. Paku
f.  Gambar atau materi yang akan diajarkan
2.      Cara pembuatan papan flannel:
a. Siapkan papan atau triplek.
b. Tempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken pada papan
c. Kumpulkan gambar yang sesuai dengan bahan yang akan diajarkan
d. Gambar yang akan digunakan bagian belakangnya ditempelkan kain flannel/kertas rempelas/laken kemudian gambar tersebut ditempelkan pada papan sehingga gambar tetap melekat pada papan flannel.

BAB II
KESIMPULAN

   Papan flannel adalah salah satu alat yang bisa digunakan dalam media pendidikan didalam proses pembelajaran. Papan flannel adalah papan yang berlapis kain flannel, sehingga gambar yang akan disajikan dapat dipasang, dilipat dan dilepas dengan mudah dan dapat dipakai berkali-kali. Tujuannya dari adanya papan planel ini agar guru memiliki kreativitas didalam pengajarannya, serta membantu mempermudah didalam penyampaian materi kepada peserta didik.

DAFTAR PUSTAKA
Yudhimunadi, MEDIA PEMBELAJARAN_ sebuahpendekatanbaru,GaungPersada (GP)Press Jakarta.2012.





[2]Yudhimunadi, MEDIA PEMBELAJARAN_ sebuahpendekatanbaru,GaungPersada (GP)Press Jakarta.2012. hal106

1 komentar:

  1. makasih buat infonya gan..mantap..
    sangat meanrik dan bermanfaat sekali gan..

    BalasHapus

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.