Merawat Kulit Bayi dengan Minyak Zaitun

 
Anda mungkin telah mendengar banyak rekomendasi tentang minyak zaitun. Jangan heran jika Anda bisa menemukan ekstrak minyak zaitun dalam produk-produk seperti pelembab, krim, kondisioner dan bahkan pewarna bibir. Nah,,,  ternyata kandungan antioksidan yang terdapat dalam minyak ini sangat baik sehingga digunakan juga untuk industri kosmetik. Bisakah Anda menggunakan minyak zaitun sebagai minyak pijat untuk bayi?

KEUTAMAAN MINYAK ZAITUN :
Allah Azza wa Jalla berfirman : “…yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon Zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api…” (QS. An Nur:35).
Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Konsumsilah minyak Zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak Zaitun dibuat dari pohon yang penuh dengan berkah.” (HR: At Tirmidzi dan Ibnu Majah). “Gunakanlah minyak Zaitun sebagai lauk dan gunakanlah sebagai minyak rambut karena ia berasal dari pohon yang penuh dengan berkah.” (HR: Al Baihaqi dan Ibnu Majah).
Manfaat minyak Zaitun : Mempercepat penyembuhan luka bakar, melindungi luka dari bakteri, mencegah rontoknya rambut, menghilangkan gatal-gatal, menurunkan kolesterol, menguatkan kandung empedu, menurunkan kadar gula/diabetes, menurunkan asam lambung, menghilangkan flek dan kerut wajah, melindungi dari bakteri, mencegah rontoknya rambut, memberikan vitamin pada kulit, mencegah kulit kering, melembutkan, menghaluskan, mengencangkan kulit, dll.

Ada apa dengan minyak zaitun?
Minyak zaitun mengandung nutrisi penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat, Ibu yang mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah sedang selama masa kehamilan, cenderung memiliki anak dengan refleks motorik serta kualitas fisik lainnya yang baik (tinggi badan, berat badan dll).
Konsumsi minyak zaitun selama menyusui juga membantu menjaga pasokan nutrisi penting yang dibutuhkan  bayi Anda.


Manfaat minyak zaitun untuk bayi
Minyak zaitun juga diketahui mengandung asam lemak yang disebut asam oleat, sehingga membuat kulit menjadi lembut dan lentur; tetapi disamping itu, minyak zaitun juga dapat meningkatkan kelembaban, yang bisa berbahaya bagi bayi Anda jika dia menderita masalah kulit seperti eksim.
Penting untuk diingat bahwa kulit bayi lebih halus dan lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Itulah sebabnya, sangat penting untuk memilih minyak zaitun yang baik untuk kulit bayi.

1. Minyak zaitun untuk mengatasi sembelit
Minyak zaitun sangat baik untuk menyembuhkan sembelit. Sistem pencernaan bayi masih belum sempurna dan masih sangat sensitif terhadap perubahan menu makanan. Oleh karena itu, tidak normal bagi bayi Anda jika ia mengalami sembelit atau diare setiap beberapa minggu. Minyak zaitun dapat berfungsi sebagai stimulan pencernaan, yang mengatur perut dan membantu meringankan sembelit secara alami. Orang dewasa bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai suplemen untuk memperbaiki kinerja usus.
 Jika Anda memberikan susu formula untuk bayi Anda, ada kemungkinan ia bisa menderita sembelit. Dan jika itu terjadi, gunakanlah minyak zaitun untuk mengatasinya. Susu formula lebih sulit dicerna dibandingkan ASI, itulah sebabnya bayi bisa menderita sembelit. Juga, jika Anda sedang  memperkenalkan makanan padat untuk bayi Anda untuk pertama kalinya, ia mungkin akan mengalami masalah pencernaan pada awalnya. Serta Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
 2. Minyak zaitun untuk masalah kulit
Biasanya memijat bayi dengan menggunakan minyak zaitun bukanlah pilihan yang baik, tetapi sebenarnya dalam beberapa kasus, penggunaan minyak zaitun bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengatasi beberapa masalah kulit.
a)  Ruam popok: Minyak zaitun adalah salah satu solusi alami terbaik untuk mengatasi ruam popok dan beberapa masalah kulit lainnya. Campurkan 2 bagian minyak zaitun dan 1 bagian air kemudian oleskan pada kulit bayi yang menderita ruam popok.
b)  Kutu rambut: Minyak zaitun bisa mengatasi kutu rambut. Beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, tentang kutu kepala, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut yang terkena kutu, dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala.
 3. Manfaat lain minyak zaitun
Selain beberapa manfaat diatas, minyak zaitun juga dipercaya dapat membantu dalam menangani berbagai kondisi kesehatan lainnya.
a)  Minyak zaitun memiliki komposisi asam lemak yang cukup mirip dengan ASI. Fungsinya, membantu anak tumbuh dan berkembang. Bagi ibu, konsumsi minyak zaitun membantu menjaga kadar massa tulang.
b)  Banyak penelitian juga mengungkapkan bahwa minyak zaitun memiliki dampak positif pada pertumbuhan bayi.  Karena di dalam minyak zaitun, terkandung linoleic dan asam linolecic. Fungsi dari kedua zat ini adalah untuk kesehatan tulang anak, dan menambah kepadatan tulang pada bayi.
c)   Didalamnya juga terkandung berbagai macam vitamin yaitu vitamin A, B, D, E dan K. Dan juga terkandung asam oleat yang amat penting dalam proses perkembangan otak bayi maupun anak. Selain itu Kandungan vitamin E pada minyak zaitun dapat membantu ibu melalui masa kehamilan dan persalinan dengan lebih ringan.
d)  Minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi (anti peradangan), jadi sangat berguna sebagai pencegah dan dapat mengurangi adanya gejala asma maupun gejala alergi yang lain yang berhubungan dengan gangguan saluran pernapasan yang bisa terjadi pada bayi
e)  Minyak zaitun dipercaya dapat membantu mencegah gagal ginjal dan pankreas pada bayi prematur.
Dalam pembelian minyak zaitun, sebaiknya anda memilih minyak zaitun yang memang benar-benar murni tanpa tercampur dengan zat kimia yang berbahaya. Pilihlah yang grade A. Walaupun dari segi harga memang lebih mahal, tapi tetap utamakan kualitas demi kesehatan.
Meskipun minyak zaitun adalah minyak yang alami dan bertekstur lembut, tapi bisa saja memiliki reaksi yang berbeda pada masing-masing orang. Oleh karena itu, jangan berlebihan dalam penggunaan minyak zaitun, sebab overdosis minyak zaitun juga bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan.

   Bagaimana menurut anda? Khasiat dari minyak zaitun memang benar-benar nyata dan dapat dibuktikan kebenarannya. Semoga saja artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Selamat mencoba !!!

No comments

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Powered by Blogger.