DOA SEBELUM DAN SESUDAH BANGUN TIDUR

DOA SEBELUM TIDUR

  • Menghimpun kedua telapak tangan dengan posisi tengadah, dan meniupnya sambil membaca surat al-Ikhlash, al-Falaq dan an-Nas. Kemudian mengusapkannya ke bagian tubuh yang dapat dijangkau dengan tangannya, mulai dari kepala, wajah dan tubuh bagian depan, dilakukan 3X. (HR. al-Bukhari dan Muslim) 
  • Membaca ayat Kursi (QS. al-Baqarah [2]: 255). (HR. al-Bukhari) 
  • Membaca 2 ayat terakhir (QS al-Baqarah [2]: 285-286). (HR. al-Bukhari dan Muslim) 
  • Membaca doa lain, seperti:

(( بِاسْمِكَ رَبِّيْ وَضَعْتُ جَنْبِيْ، وَبِكَ أَرْفَعُهُ، فَإِنْ أَمْسَكْتَ نَفْسِيْ فَارْحَمْهَا، وَإِنْ أَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ ))
“Dengan nama-Mu, wahai Robbku, aku merebahkan lambungku. Dan dengan nama-Mu pula aku membangunkannya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, bila Engkau melepaskannya, maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang shaleh.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

(( اَللَّهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ )) 
“Ya Alloh, jauhkanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu.” (Dibaca 3X) (HR. Muslim, Ahmad, Abu Dawud dan at-Tirmidzi) 

(( بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا ))
“Dengan nama-Mu, ya Alloh, aku mati dan hidup.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)


DOA BANGUN TIDUR

((اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ ))
“Segala puji bagi Alloh, yang membangunkan kami setelah ditidurkan-Nya dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

(( لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ. سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ، وَلاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ )) (( رَبِّ اغْفِرْ لِيْ ))
“Tiada ilah (sembahan yang benar) selain Alloh, Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Alloh, segala puji bagi Alloh, tiada ilah selain Alloh, Alloh Maha Besar, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Alloh Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”. ”Wahai Robbku, ampunilah dosa-dosaku.” (HR. al-Bukhari dan Ibnu Majah) 

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.