PENGERTIAN AUHID ASMA WASIFAT, Mengenal Nama-nama dan Sifat-sifat Alloh


Maksudnya, kita beriman bahwa Alloh   memiliki nama-nama yang Dia telah menamakan diri-Nya dengan nama-nama tersebut dan yang telah dinamakan oleh Rosul-Nya. Dan beriman bahwa Alloh   memiliki sifat-sifat yang tinggi yang telah Dia sifati diri-Nya dan yang telah disifati oleh Rosul-Nya. Alloh   memiliki nama-nama yang mulia dan sifat yang tinggi berdasarkan firman Alloh  : 

“Hanya milik Allah asma-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asma-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. al-A'raf [7]: 180)Ayat yang agung ini menunujukan bahwa semua nama-nama Alloh   adalah husna. Maksudnya sangat baik. Karena, ia mengandung makna dan sifat-sifat yang sempurna, tanpa kekurangan dan cacat sedikitpun. Ia bukanlah nama-nama kosong yang tak bermakna atau tak mengandung arti.

Dalam hal ini, kita harus beriman kepada nama-nama dan sifat-sifat Alloh   sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh Alloh   dan Rosul-Nya dan tidak menyelewengkannya sedikitpun.

Imam Syafi’i   meletakkan kaidah dasar ketika berbicara tentang nama-nama dan sifat-sifat Alloh sebagai berikut: “Aku beriman kepada Alloh dan apa-apa yang datang dari Alloh sesuai dengan apa yang dike-hendaki oleh Alloh. Aku beriman kepada Rosululloh   dan apa-apa yang datang dari Rosululloh   sesuai dengan apa yang dikendaki oleh Rosululloh  .” 

Ketika berbicara tentang sifat-sifat dan nama-nama Alloh   yang menyimpang dari yang dikehendaki oleh Alloh   dan Rosul-Nya, maka kita telah berbicara tentang Alloh tanpa dasar ilmu. Tentu yang demikian itu diharamkan dan dibenci dalam agama. Alloh   berfirman:

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (QS. Al-Isra’ [17]: 36)

BACA JUGA :

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.