Yang Paling Takut Kepada Allah Adalah Mereka yang Paling Mengenal Allah


Semakin tinggi pengetahuan seorang hamba kepada Robb-nya, maka ia akan semakin takut kepada-Nya. Dia akan mengetahui betapa adzab Alloh   sangat pedih dan neraka adalah seburuk-buruk tempat kembali bagi manusia yang durhaka kepada Robbnya.

Alloh berfirman:

“Sesungguhnya yang takut kepada Alloh di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama.” (QS. Fathir [35]: 28)
Ibnu Abbas   berkata:
 )يُرِيْدُ : إِنَّمَا يَخَافُنِي مِنْ خَلْقي مَنْ عَلِمَ جَبَرُوْتِي وعِزَّتِي وَسُلْطَانِي (
“Maksud ayat itu sesungguhnya orang yang takut kepada-Ku (Alloh) dari hamba-Ku, yaitu orang yang mengetahui kebesaran, keagungan, dan kekuasaan-Ku.”

Mujahid   dan Asy-Sya’bi   berkata:
 )العَالِمُ مَنْ خَافَ اللّهَ (
“Orang yang berilmu adalah orang yang takut kepada Alloh.”

Robi’ bin Anas   berkata:
 )مَنْ لَمْ يَخْشَ اللّهَ فَلَيْسَ بِعَالِمٍ (
“Barangsiapa yang tidak takut kepada Alloh maka bukanlah orang yang berilmu.”

Orang yang paling mengenal dan paling mengetahui tentang Alloh   adalah Rosululloh  . Oleh karena itu, beliau senantiasa dalam keadaan takut dari perbuatan durhaka terhadap Robb-nya, dan tentu kita telah mengetahui bagaimana ketakwaan beliau. Karena, Alloh telah memerintahkannya untuk mengatakan, 

“Katakanlah: ‘Sesungguhnya aku takut akan adzab pada hari yang besar (hari Kiamat), jika aku mendurhakai Robbku’.” (QS. Al-An’am [6]: 15)Meskipun beliau telah dijamin dengan diampuni dosa-dosanya yang lalu dan akan datang, beliau tetap saja senantiasa bermunajat kepada Alloh dan memper-banyak sujud kepada-Nya hingga telapak kakinya pecah-pecah. Sungguh, ini adalah gambaran rasa takut beliau kepada Alloh  .

Orang yang paling mengenal dan mengetahui tentang Alloh   setelah Rosululloh adalah para sahabat. Mereka menghidupkan malam harinya untuk senantiasa sujud dan ruku’ kepada Alloh  . Namun demikin mereka sangat takut sekali kepada Alloh.

Karena mereka mengetahui keagungan Dzat yang Maha Esa serta Maha Kuasa dan mengenal hak-hak-Nya, oleh sebab itu, mereka menjadi orang-orang yang paling takut kepada-Nya di antara manusia.

Orang yang benar-benar mengenal Alloh   meman-dang bahwa kemaksiatan itu, meskipun kecil, ibarat sebuah gunung yang sangat besar yang dikhawatirkan akan menimpa kepadanya. Berbeda keadaannya dengan orang fasik yang meremehkan perbuatan dosa. Bagi mereka dosa laksana lalat yang hinggap ke wajahnya lalu ia mengusirnya dengan tangannya.

BACA JUGA : PENGERTIAN MA'RIFATULLAH (MENGENAL ALLAH)

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.