INI LAH Makanan dan Minuman Penduduk Neraka


Makanan dan Minuman Penduduk Neraka.
Makanan berfungsi mengobati rasa lapar dan mengenyangkan, juga menggemukkan. Akan tetapi, makanan penghuni neraka tidaklah seperti itu, tidak mengenyangkan, juga tidak menggemukkan. Makan mereka adalah makan yang sangat menjijikkan, sangat pahit, busuk dan kotor. Semoga Alloh  menjaga kita semua agar tidak termasuk golongan mereka.
Alloh   berfirman:

“Mereka tiada memperoleh makanan selain dari pohon yang berduri, yang tidak menggemukkan dan tidak pula menghilangkan lapar.”  (QS. al-Ghosyiyah [88]: 6-7)

Tidak ada teman ataupun saudara yang bisa memberi mereka syafa’at dan pertolongan. Tidak ada makanan yang dapat mereka makan, kecuali makanan berupa nanah yang keluar dari badan penghuni neraka yang sangat panas, busuk, dan sangat pahit.

Alloh   berfirman:
“Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah.”  (QS. al-Haqqoh [69]: 35-36)

Zaqqum adalah jenis pohon yang paling buruk dan sangat mengerikan. Ia adalah buah yang sangat busuk lagi panas mendidih, sebagaimana firman Alloh  :

“Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidih di dalam perut, seperti mendidihnya air yang amat panas.” (QS. ad-Dukhon [44]: 43-46)

Makanan itu menyebabkan leher orang yang memakannya tersumbat dan tercekik karena panasnya dan rasanya yang menjijikkan, serta baunya yang sangat busuk sebagaimana firman-Nya:

“Karena sesungguhnya pada sisi Kami ada belenggu-belenggu yang berat dan neraka yang menyala-nyala. Dan makanan yang menyumbat di kerongkongan dan adzab yang pedih.” (QS. al-Muzzammil [73]: 12-13)
Adapun minuman penghuni neraka sangat panas. Rasanya sangat menjijikkan dan baunya sangat busuk serta memiliki tingkat didih yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Minuman yang bercampur antara nanah, darah, dan air. Jika diminum, bisa menghancurkan tubuh orang yang meminumnya. Warnanya hitam pekat, panas, dan berbau busuk. Terkadang sangat dingin sehingga membekukan yang meminumnya, dan para penghuni neraka tidak kuasa untuk meminumnya.
Alloh   berfirman: 

“… sama dengan orang yang kekal dalam Jahannam dan diberi minuman dengan air yang mendidih sehingga memotong ususnya?”
(QS. Muhammad [47]: 15)
Alloh   berfirman: 

“Di hadapannya ada Jahannam dan ia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnnya air nanah itu dan hampir ia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi ia tidak juga mati, dan di hadapannya masih ada adzab yang berat.” (QS. Ibrohim [14]: 15-17)
Alloh   berfirman: 

“Sesungguhnya Kami telah sediakan bagi orang orang dzolim itu neraka, yang gejolaknya mengepung mereka. Dan jika mereka meminta minum, niscaya mereka akan diberi minum dengan air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan muka. Itulah minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek.”  (QS. al-Kahfi [18]: 29)

Berdasarkan ayat-ayat al-Qur’an, maka makanan dan minuman penduduk neraka adalah sebagai berikut:

A. Pohon Zaqqum, mayangnya seperti kepala setan, tumbuh di bawah dasar neraka Jahim. Setiap yang memakannya, maka ususnya akan terburai. (QS. ash-Shoffat [37]: 62-68)
B.Pohon Dhori’, yaitu pohon duri yang sangat keras, tidak dapat menggemukkan dan tidak menghilangkan lapar, karena ia menyumbat tenggorokan, tidak keluar dan tidak juga masuk ke dalam perut, demikian menurut Ibnu-Abbas . (QS. al-Ghosyiyah [88]: 6)
C. Ghislin, yaitu nanah bercampur darah yang keluar dari tubuh penduduk neraka. (QS. al-Haqqoh [69]: 35-37)
D. Al-Hamim, yaitu air sangat panas yang akan disuguhkan dengan besi panas yang ujungnya dibengkokkan. (QS. an-Naba’ [78]: 24-25)
E. Al-Ghossaq, yaitu air yang sangat dingin. Menurut Ibnu Umar  ia adalah nanah kental yang jika satu tetesnya saja ditumpahkan di bumi belahan barat, niscaya penduduk timur akan mencium baunya yang sangat busuk. (QS. an-Naba’ [78]: 24-25)
F.  Ash-Shodid (QS. Ibrohim [14]: 16), yaitu air nanah bercampur darah. Imam Ibnu Rajab Al-Hambali berkata, “Air Shodid akan membuat wajah mereka hangus, sekaligus membuat seluruh kulit kepala dan rambutnya mengelupas.”
G. Air seperti muhl, yaitu endapan minyak yang berwarna hitam yang mendidihkan perut. (QS. ad-Dukhon [44]: 45)

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.