Kiat Praktis Membentuk Anak Sholih dan Sholihah


Kiat Praktis Membentuk Anak Sholih dan Sholihah

Anak adalah buah hati, belahan jiwa, perhiasan dunia dan kebanggaan orang tua yang merupakan karunia terbesar  dari Robb Yang Maha Kuasa. Karena anak, pahala orang tua tetap mengalir walaupun mereka telah meninggal dunia. Rosululloh   bersabda:

“Jika manusia meninggal, maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara; shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholih yang mendoakannya.” (HR. Muslim)

Karena anak pulalah derajat orang tua naik di surga. Imam al-Bukhori   meriwayatkan dalam kitab al-Adabul Mufrod dari Abu Huroiroh  , beliau berkata, “Derajat seorang yang meninggal dunia diangkat lalu ia berkata, ‘Wahai Tuhanku, dari manakah ini?’ Dia berkata kepadanya, “Karena anakmu membaca istighfar untukmu’.

      Dalam lafadz lain dari Abu Huroiroh   juga, bahwa Rosululloh   bersabda, ‘Sesungguhnya Alloh mengangkat derajat seorang hamba yang sholih di surga ia berkata, ‘Wahai Tuhanku dari manakah ini?’ Dia berfirman, ‘Karena istighfarnya anakmu kepadamu.”

Anak adalah karunia Alloh   yang wajib disyukuri oleh setiap hamba. Dialah salah satu tujuan dipertemukan antara dua jiwa dalam ikatan yang suci dan mulia. Kelahiran anak dalam sebuah rumah tangga seolah bagaikan pelangi yang mewarnai haru birunya keluarga. Kehadiran sang anakpun  menjadi bunga hati yang menyejukkan gersangnya hidup di dunia.

Sesungguhnya karunia anak lebih mulia dari pada segudang permata. Karena ia mampu menjadi segunung pahala yang membekali orang tuanya saat bertemu dengan sang Maha Pencipta. Dan hidup orang tua menjadi lebih hidup jika anaknya terdidik dengan al-Qur’an dan as-Sunnah yang selalu terjaga.

Anak juga merupakan amanah yang diberikan Alloh   pada para orang tua. Karenanya, orang tua berkewajiban mengasuh, mendidik, melindungi dan menjaga amanah Alloh   itu agar menjadi generasi Muslim yang bukan hanya sukses di dunia, tapi juga di akhirat kelak.

Oleh karena itu, sebagai orang tua hendaknya senantiasa mencari cara dan terobosan dalam mendidik anak–anaknya. Kesuksesan orang tua dalam mendidik anaknya sangat didukung oleh pengetahuan orang tua akan tips atau kiat-kiat dalam mendidik anak. Untuk itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu pentingnya tips atau kiat-kiat mendidik anak.

Mengetahui Kiat-Kiat Mendidik Anak

Salah satu cara sukses dalam mendidik anak adalah ketika orang tua memahami kiat-kiatnya.  Sebenarnya kiat-kiat tersebut ibarat rumus–rumus praktis dalam menghadapi permasalahan yang rumit. Dan juga ibarat bumbu penyedap yang punya cita rasa tersendiri ketika kita pandai meraciknya. Tips-tips dalam mendidik anak merupakan pula ramuan atau formula, tidak akan berguna kalau tidak kita aplikasikan dalam mendidik anak kita.

Mengetahui kemudian memilih tips yang cocok adalah salah satu kunci kesuksesan. Karena salah menerapkan tips bisa-bisa orang tua bukan mendidik tapi malah menghancurkan. Bahkan inilah yang sering dilakukan kebanyakan orang tua. Mereka mengira mendidik anak-anaknya. Padahal mereka sedang menggiring anak-anaknya ke jurang neraka di balik kebodohannya. Mereka menyangka membahagiakan putra-putrinya padahal hakikatnya melempar anaknya menjadi penghuni neraka yang bahan bakarnya batu dan manusia. Kita berlindung kepada Alloh   dari kebodohan orang-orang seperti mereka yang mungkin bergelar profesor atau doktor ketika di dunia.

Untuk itu, perlu dan penting sekali bagi orang tua mengetahui tips atau kiat-kiat apa saja dalam mendidik anak agar menjadi sholih dan mulia. Insya Alloh akan kita paparkan beberapa tips mendidik anak agar anak menjadi sholih dan sholihah bagi kedua orang tuanya. HALAMAN SELANJUTNYA : CARA Mendidik Anak Agar Menjadi Sholih dan Sholihah

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.