Ngeri! Beginilah Gambaran Adzab Kubur


Sungguh adzab kubur sangat mengerikan. Kepedihan dan kesengsaraan adzab kubur tak mampu dilukiskan dalam alam pikiran, tak cukup hanya dituangkan dalam tulisan, tak terlihat dalam pandangan insan dan tak terdengarkan oleh suara insan. Jika adzab kubur diperlihatkan dan diperdengarkan kepada manusia, niscaya mereka tak kuasa mengubur setiap manusia.

 Rosululloh   bersabda:

 (( فَلَوْلاَ أَنْ لاَ تَدَافَنُوا لَدَعَوْتُ اللَّهَ أَنْ يُسْمِعَكُمْ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ الَّذِى أَسْمَعُ مِنْهُ ))
“Seandainya kalian tidak menguburkan jenazah, niscaya aku memohon kepada Alloh agar Dia memperdengarkan kepada kalian siksa kubur yang aku dengar.” (HR. Muslim)

Merenungi dan memahami adzab kubur adalah obat mujarab untuk melembutkan hati dan memacu jiwa untuk senantiasa segera bertaubat, beribadah, dan berinabah (kembali) kepada Alloh  .

Marilah kita memperhatikan mayat orang-orang kafir dan para pelaku maksiat yang akan mendapatkan adzab kubur. Di antara adzab kubur yang kelak mereka dapatkan sebagaimana dijelaskan oleh Rosululloh   adalah sebagai berikut:

1. Dipukul dengan palu dari besi.
Rosululloh   bersabda:
“Adapun orang kafir atau munafik, maka kedua malaikat tersebut bertanya kepadanya: “Apa yang engkau katakan terhadap orang ini (Rosululloh  )?” Ia mengatakan: “Aku tidak tahu. Aku mengatakan apa yang dikatakan orang-orang.” Maka kedua malaikat itu mengatakan: “Engkau tidak tahu?! Engkau tidak mau mengikuti yang tahu?!” Kemudian ia dipukul dengan palu dari besi, tepat di wajahnya. Ia lalu menjerit dengan jeritan yang sangat keras sehingga didengar seluruh penduduk bumi, kecuali dua golongan; jin dan manusia.” (HR. al-Bukhori dan Muslim)

2. Ditampakkan neraka pada pagi dan petang hari.
Alloh   berfirman:

“Kepada mereka ditampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat. (dikatakan kepada malaikat): “Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam adzab yang sangat keras”.”  (QS. Mu’min [40]: 46)

3. Ada di antara mereka yang dirobek-robek mulutnya, ada yang dipecahkan kepalanya di atas batu, ada yang dimasukkan ke dalam tanur (dapur api). Ada pula yang disiksa di sungai darah. Jika ia hendak keluar dari sungai tersebut, maka ia dilempari batu pada mulutnya.
Rosululloh   bersabda:

 “Beritahukanlah kepadaku tentang apa yang aku lihat.” Keduanya menjawab: “Ya. Adapun orang yang engkau lihat dirobek mulutnya, ia adalah pendusta. Ia berbicara dengan kedustaan lalu kedustaan itu dinukil darinya sampai tersebar luas. Maka ia disiksa dengan siksaan tersebut hingga hari Kiamat. Adapun orang yang engkau lihat dipecah kepalanya, ia adalah orang yang telah Alloh ajari di al-Qur’an, namun ia tidur malam (dan tidak bangun untuk sholat malam). Pada siang hari pun ia tidak mengamalkannya. Maka dia disiksa dengan siksaan itu hingga hari Kiamat. Adapun yang engkau lihat orang-orang yang disiksa dalam tanur (dapur api), mereka adalah para pezina. Adapun orang yang engkau lihat berenang-renang di sungai darah, dia adalah orang yang makan harta dari hasil riba.” (HR. al-Bukhori)

4. Dicabik-cabik ular-ular yang besar dan ganas.

Rosululloh    bersabda: 
(( فَإِذَا أَنَا بِنِسَاءٍ تَنْهَشُ ثَدْيَهُنَّ الْحَيَّاتُ، فَقُلْتُ: مَا بَالُ هَؤُلاَءِ؟ فَقَالَ: اللَّوَاتِي يَمْنَعْنَ أَوْلاَدَهُنَّ أَلْبَانَهُنَّ ))
“Tiba-tiba aku melihat para wanita yang payudara-payudara mereka dicabik-cabik ular yang ganas. Maka aku bertanya: ‘Kenapa mereka?’ Malaikat menjawab: ‘Mereka adalah para wanita yang tidak mau menyusui anak-anaknya (tanpa alasan syar’i)’.” (HR. al-Hakim dishohihkan oleh Syeikh al-Bani)

Tidak ada komentar

Silahkan mengcopy-paste, menyebarkan, dan membagi isi blog selama masih menjaga amanah ilmiah dengan menyertakan sumbernya.

Salam : Admin K.A.

Diberdayakan oleh Blogger.